Maba UIN Surakarta Keluhkan Masuk Registrasi Pinjol, Rektor Akui Kecolongan

Date:

SUKOHARJO-Heboh mahasiswa baru (maba) Universitas Negeri Islam  (UIN) Raden Mas Said Surakarta masuk dalam aplikasi pinjaman online (pinjol) yang menjadi bagian sponsor untuk kegiatan pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan (PBAK) 2023. Rektor UIN Surakarta, Prof Mudhofir mengaku kecolongan  dan akan menyelidiki kasus tersebut.

Mencuatnya kasus ini bermula dari keluhan sejumlah mahasiswa baru UIN Raden Mas Said Surakarta di  akun instagram dewan eksekutif mahasiswa (Dema)/ karena masuk registrasi  aplikasi pinjaman online (pinjol).

Para maba khawatir registrasi dengan verivikasi foto wajah dan KTP di salah satu aplikasi pinjol, data data mereka tidak lagi aman bahkan Maba UIN rentan terjerat pinjol yang sebagian besar menilai riba.

Menurut informasi registrasi aplikasi pinjol oleh maba karena dema uin telah kerjasama sponsor untuk kegiatan pembelajaran Pengenalan Budaya Akademik Dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023.

Mencuatnya polemik ini Rektor UIN Surakarta,  Prof. Mudhofir angkat bicara. Pihaknya akan menyelidiki kasus tersebut dengan memanggil Dema untuk dimintai klarifikasi.

Rektor mengaku kecolongan dan sama sekali tidak tahu menahu terkait masalah tersebut. Ada indikasi kuat mahasiswa telah bertindak sepihak tanpa koordinasi, terkait kerjasama sponsorsip.

Dalam penyelidikan  rektor juga menerjunkan dewan kode etik untuk  mengawal masalah ini sehingga dapat diselesaikan.

Terkait kabar bahwa kehadiran pinjol sebagai sponsor untuk kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023/ rektor membantah tegas, hal tersebut karena pelaksanaan PBAK 2023 sudah diatur dalam peraturan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4962 tahun 2016. Sehingga kegiatan tersebut sudah dianggarkan dan dibiayai oleh kampus. []

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Golkar Jawa Tengah: Kemenangan Ahmad Luthfi-Gus Yasin Harga Mati

SUKOHARJO-Partai Golkar Jateng, telah menggerakkan seluruh elemen partai untuk...

Tim Robotik MIM PK Bendungan Raih Piala di Ajang IRC Nasional 2024

SUKOHARJO-Tim robotik MIM PK Bendungan berhasil meraih prestasi gemilang...

Polresta Surakarta Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Pilkada 2024

SOLO-Kepolisian Resor Kota ( Polresta) Surakarta mengintensifkan patroli malam...

Dorong Investasi, Pemprov Jateng Siap Fasilitasi Aglomerasi Solo Raya

SOLO-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mendukung konsep aglomerasi Solo...