Demo Tolak RUU Pilkada, Mahasiswa Jalan Mundur Minta Jokowi Pulang

Date:

SOLO-Demo menolak Revisi Undang-Undang Pilkada hari ini serentak digelar di berbagai daerah. Di depan Balai Kota Solo, ribuan mahasiswa menggelar aksi bertajuk ‘Pulangkan Jokowi’. Selain aksi jalan mundur sebagai simbol mundurnya demokrasi, mereka juga membakar boneka pocong Jokowi, Kamis (22/8/2024).

Aksi yang diikuti ribuan mahasiswa dari kampus di Solo Raya dimulai di Bundaran Gladak, Jalan Slamet Riyadi, dengan membawa sejumlah poster hingga spanduk berbagai tulisan seperti, ‘Kawal putusan MK’, ‘Mulio Pak Ngisin Isini’, ‘Pulangkan Jokowi’, ‘Tukang kayu sedang mempersiapkan kursi untuk anaknya’, ‘Orba Jilid2’, ‘Stop perselingkuhan KPU dan MK’, ‘ Hentikan politik dinasti’ dan lainnya.

Poster Presiden Jokowi dan kedua anaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep berukuran besar dengan tulisan ‘Politik Dinasti Jokowi’ juga terpampang dalam aksi itu.

Selain orasi silih berganti dari para perwakilan mahasiswa juga meneriakkan yel-yel ‘Pulang Jokowi Sekarang juga’  hingga ‘Revolusi’. Usai berorasi di Bundaran Gladak, ribuan massa melakukan long march dengan aksi jalan mundur sebagai sebagai simbol kemunduran demokrasi di Indonesia, menuju Balai Kota Solo.

Turut serta dalam aksi itu, aktivis 98 Farid Assegaf hingga tokoh senior Solo, Usman Amirodin dan juga Mudrick Sangidu . Bahkan tokoh pendiri Mega Bintang itu juga sempat berorasi dan menyemangati para mahasiswa yang turun ke jalan.

koordinator Pusat BEM Solo Raya, Rozin Afianto mengatakan apa yang disuarakan ini merupakan suara dan kesepakatan bersama bukan hanya kelompok atau golongan saja. Bangsa ini sudah dicederai dan negara ini sudah dirusak-rusak.

“Aksi ini Bentuk simbolik kita menunjukan perlawanan bahwa Indonesia hari ini dengan Kabinet Indonesia Mundur bukan lagi Indonesia Maju. Jokowi yang dulunya Wali Kota Solo, maka kita menyuarakan hari ini di Solo yang merupakan asal semua masalah di negara ini, dan berharap untuk bisa memaksa Jokowi pulang daripada jabatannya dan menjadi warga negara serta tidak merusak negara Indonesia,”katanya.

Di Penghujung aksi, mahasiswa membakar ban bekas hingga boneka pocong Jokowi di depan Kantor Balai Kota Solo. []

 

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Yayasan Alif Smart Gelar Dongeng dan Galangan Dana untuk Palestina

SOLO-Konflik antara Palestina dan Israel terus berlangsung hingga menyebabkan...

Ketua F-FPKS Abdul Ghoni, Imbau Pj. Walikota Tegal Jaga Netralitas ASN di Pilkada

TEGAL-Kota Tegal menjadi kota paling dinamis dalam tata kelola...

Aggota Komisi XII DPR RI Berharap Kabinet Merah Putih Bawa Perubahan Nyata

JAKARTA-Muh Haris, Anggota DPR RI Fraksi PKS, menyampaikan dukungan...

LPPMP UNS Gelar Kegiatan Bertajuk, “Evaluasi Hasil Akreditasi Internasional”

SOLO-Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS selenggarakan...