Tradisi Yaqowiyu, 6,5 Ton Apem Disebar untuk Warga

Date:

KLATEN-Ribuan warga memadati oro-oro Tarwiyah Sendang Klampeyan Jatinom yang menjadi lokasi tradisi sebaran apem Ki Ageng Gribig, Jumat (23/8/2024). Sebaran apem merupakan puncak tradisi Yaqowiyu di Kecamatan Jatinom.

Puncak tradisi tersebut dilaksanakan usai salat Jumat berjamaah yang digelar di Masjid Gedhe Jatinom yang berada di kompleks Makam Ki Ageng Gribig. Usai salat Jumat, dua gunungan apem yang sebelumnya telah diinapkan di area masjid dibawa turun ke panggung utama oro-oro Tarwiyah Sendang Klampeyan dan disambut riuh ribuan warga.

Sesampainya di panggung utama, gunungan apem tersebut lantas didoakan terlebih dahulu oleh paraga Ki Ageng Gribig. Usai didoakan, prosesi andum apem atau sebaran apem pun dilakukan. Sebaran apem dimulai lemparan oleh Menko Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, Wakil Menteri Desa PDTT RI, Paiman Raharjo, Bupati Klaten Sri Mulyani, serta tamu undangan lainnya.

Apem yang disebar tersebut langsung menjadi rebutan warga yang hadir. Tidak hanya dari dua gunungan, apem juga disebar dari dua menara yang terletak di tengah Oro Oro Tarwiyah.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tradisi Saparan Yaqowiyu merupakan even tahunan yang menjadi ikon pariwisata unggulan di Kabupaten Klaten. Tradisi tersebut juga menjadi tradisi sebar apem di Jawa Tengah. Ia berharap tradisi tersebut dapat terus dilestarikan oleh masyarakat dari tahun ke tahun.

“Semoga tradisi ini dapat terus dilestarikan dan membawa manfaat bagi masyarakat. Tentunya tradisi ini turut meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di wilayah Jatinom dan sekitarnya,” katanya.

Pada perayaan tradisi Yaqowiyu, disiapkan 6,5 ton kue apem yang merupakan sumbangan masyarakat Jatinom dan sekitarnya. Tidak hanya sebaran apem, tradisi yang dirayakan pada bulan Sapar pada penanggalan Jawa ini juga dimeriahkan berbagai even seni budaya. []

 

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Miras Beredar Bebas, MUI Solo Desak Pemkot Tutup Café

SOLO-Maraknya peredaran miras di Solo yang kian hari kian...

Yayasan Alif Smart Gelar Dongeng dan Galangan Dana untuk Palestina

SOLO-Konflik antara Palestina dan Israel terus berlangsung hingga menyebabkan...

Ketua F-FPKS Abdul Ghoni, Imbau Pj. Walikota Tegal Jaga Netralitas ASN di Pilkada

TEGAL-Kota Tegal menjadi kota paling dinamis dalam tata kelola...

Aggota Komisi XII DPR RI Berharap Kabinet Merah Putih Bawa Perubahan Nyata

JAKARTA-Muh Haris, Anggota DPR RI Fraksi PKS, menyampaikan dukungan...