Peran Serta Mahasiwa STAIMAS Bersama Kader Posyandu Cegah Stunting

Date:

WONOGIRI-Kegiatan posyandu balita merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Pada Senin, (15/07/2022) mahasiswa KPM Kelompok 4 STAIMAS Wonogiri bersama kader-kader Posyandu balita dusun Pengkol, Desa Pijiharjo melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Desa Pijiharjo.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai dusun Pengkol, Desa Pijiharjo. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain penimbangan balita dan pemeriksaan tinggi badan balita.

Mahasiswa STAIMAS tampak membaur bersama kader posyandu dalam menyiampak peralatan baik untuk penimbangan dan juga pemeriksaan.

Mutia Azizah Nuriana, selaku dosen pembimbing berharap dengan adanya keikutsertaan mahasiswa STAIMAS pada program posyandu semoga mampu memberikan semangat peduli pada persoalan kesehatan balita.

“Semoga para mahasiwa semakin peduli dan peka terhadap persolan kesahatan balita. Ini penting karena persoalan stunting juga merupakan program utama dari pemerintah,”katanya.

Penimbangan dan pemeriksaan tinggi badan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.

Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak-anak akan baik pula. Selain itu untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Dusun Pengkol.

Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang baiknya mengkonsumsi air putih bagi balita, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak.

Linda salah satu panitia Posyandu Pengkol mengapresiasi kegiatan Posyandu Balita Dusun Pengkol yang rutin dilaksanakan setiap bulannya.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memantau kesehatan dan pertumbuhan balita di Dusun pengkol dan Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung demi kesehatan dan pertumbuhan balita yang ada di Dusun Pengkol,”ujarnya. []

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Miras Beredar Bebas, MUI Solo Desak Pemkot Tutup Café

SOLO-Maraknya peredaran miras di Solo yang kian hari kian...

Yayasan Alif Smart Gelar Dongeng dan Galangan Dana untuk Palestina

SOLO-Konflik antara Palestina dan Israel terus berlangsung hingga menyebabkan...

Ketua F-FPKS Abdul Ghoni, Imbau Pj. Walikota Tegal Jaga Netralitas ASN di Pilkada

TEGAL-Kota Tegal menjadi kota paling dinamis dalam tata kelola...

Aggota Komisi XII DPR RI Berharap Kabinet Merah Putih Bawa Perubahan Nyata

JAKARTA-Muh Haris, Anggota DPR RI Fraksi PKS, menyampaikan dukungan...