Pemkab Klaten Bakal Gelar MTQ di Bulan Maret 2022

Date:

KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten bekerja sama dengan Kementerian Agama bakal menggelar kembali MTQ Kategori Umum 2022 setelah dua tahun terhenti akibat covid 19. Direncanakan MTQ itu yang akan digelar 22 Maret 2022 dengan target 136 peserta.

Kepala Bagian Kesejahteran Rakyat Setda Klaten Mujad saat ditemui di acara Rapat Persiapan di Ruang ASN Setda Klaten, Kamis, (20/1/2022) menjelaskan agar bisa mendapat bibit yang baik, maka peserta MTQ yang mempunyai kemampuan dan berbakat agar mendaftarkan diri di KUA terdekat.

“Tugas kami adalah menfasilitasi. Maka MTQ Kategori umum 2022 ini nanti kerja sama Pemkab Klaten dengan Kemenag. Maka kami melibatkan juga penyuluh agama, Dinas Pendidikan, Baznas termasuk para camat agar target 136 peserta ini bisa tercapai,” jelasnya.

Disinggung masalah proses seleksi Mujab mengungkapkan agar peserta bisa dijaring secara berjenjang dari tingkat kecamatan. Namun semua tergantung kemampuan di lapangan.

“MTQ Kategori Umum ini bersifat berjenjang. Idealnya memang seleksi itu berjenjang dari tingkat kecamatan, eks kawedanan, tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Namun itu bersifat situasional. Biasanya di daerah sudah ada yang disiapkan,” katanya.

Selanjutnya kaitannya dengan pendaftaran peserta Mujab mengarahkan agar calon peserta MTQ menghubungi petugas KUA terdekat. Hal ini dilakukan agar penjaringan peserta lebih maksimal dan memperoleh potensi bakat yang terbaik.

“Silahkan warga yang memiliki potensi mendaftarkan diri di KUA terdekat. Mekanisme penyaringan bisa dengan seleksi terbatas atau dilaksanakan bersama di tingkat eks kawedanan dari gabungan beberapa kecamatan,”ungkapnya.

baca: Ketua DPR RI Tinjau Vaksinasi di Boyolali

Ketua Takmir Masjid Al Aqsho Mustari sebagai salah satu panitia penyelenggara menjelaskan kalau MTQ Kategori Umum Tingkat Kabupaten Klaten 2022 mempunyai syarat yang khusus, salah satunya kaitannya umur peserta.

“MTQ Kategori Umum itu mensyaratkan peserta berusia minimal 15 tahun kurang 1 hari. Lalu dari dari sisi cabang yang dilombakan juga lebih banyak, salah satunya untuk peserta tuna netra. Nanti seleksinya berjenjang. Puncak MTQ nasional nanti digelar di Banjarmasin, Kalimantan,” pungkasnya. []

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Miras Beredar Bebas, MUI Solo Desak Pemkot Tutup Café

SOLO-Maraknya peredaran miras di Solo yang kian hari kian...

Yayasan Alif Smart Gelar Dongeng dan Galangan Dana untuk Palestina

SOLO-Konflik antara Palestina dan Israel terus berlangsung hingga menyebabkan...

Ketua F-FPKS Abdul Ghoni, Imbau Pj. Walikota Tegal Jaga Netralitas ASN di Pilkada

TEGAL-Kota Tegal menjadi kota paling dinamis dalam tata kelola...

Aggota Komisi XII DPR RI Berharap Kabinet Merah Putih Bawa Perubahan Nyata

JAKARTA-Muh Haris, Anggota DPR RI Fraksi PKS, menyampaikan dukungan...