Ponpes Al Mukmin Ngruki Bantah Pernyataan BNPT: Abdul Qadir Baraja Bukan Pendiri Pesantren

Date:

SUKOHARJO – Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki, Grogol membantah keras pernyataan BNPT yang menyebut pimpinan Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja merupakan pendiri Ponpes Al Mukmin.

Dalam klarifikasi yang disampaikan Direktur Pondok Pesantren Al Mukmin, Ustadz Yahya di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Rabu (8/6/2022) siang, Ustadz Yahya menegaskan jika Abdul Qadir Hasan Baraja yang ditangkap polisi bukan merupakan salah satu pendiri pondok pesantren tersebut.

Sementara, salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bernama Abdullah Baraja,”Salah satu pendiri itu Abdullah Baraja bukan Abdul Qadir Hasan Baraja,” kata Ustadz Yahya di depan awak media.

Menurutnya, Salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki yakni Abdullah Baraja telah meninggal dunia pada 2007 lalu.

“Tidak ada kaitannya antara Abdullah Baraja pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki dengan NII maupun organisasi Khilafatul Muslimin,” ujarnya.

Terkait pernyataan BNPT, pihak Pondok Pesantren Al Mukmin merasa sangat dirugikan dan juga meminta Direktur BNPT untuk meralat dan mencabut pernyataannya di media yang mengaitkan penangkapan Abdul Qadir Hasan Baraja dengan pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki.

Selain itu, pihak Ponpes juga meminta BNPT mengevaluasi akurasi datanya agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari, Demi menghindari hal-hal yang berpotensi membuat gaduh dan berpolemik di masyarakat maupun di media sosial,”katanya.

baca: Universitas Muhammadiyah Karanganyar Resmi Berdiri

Sebelumnya, pendiri sekaligus petinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap polisi pada Selasa (7/6/2022) di Lampung, atas dugaan penyebaran ideologi khilafah untuk mengganti Pancasila.

Direktur Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Brigjen R Ahmad Nurwakhid yang menyebutkan Abdul Qadir Hasan Baraja yang merupakan mantan anggota NII.Selain itu, Pihak BNPT juga menyebut Abdul Qadir Hasan Baraja sebagai salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin,Ngruki bersama Abu Bakar Ba’asyir. []

 

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Miras Beredar Bebas, MUI Solo Desak Pemkot Tutup Café

SOLO-Maraknya peredaran miras di Solo yang kian hari kian...

Yayasan Alif Smart Gelar Dongeng dan Galangan Dana untuk Palestina

SOLO-Konflik antara Palestina dan Israel terus berlangsung hingga menyebabkan...

Ketua F-FPKS Abdul Ghoni, Imbau Pj. Walikota Tegal Jaga Netralitas ASN di Pilkada

TEGAL-Kota Tegal menjadi kota paling dinamis dalam tata kelola...

Aggota Komisi XII DPR RI Berharap Kabinet Merah Putih Bawa Perubahan Nyata

JAKARTA-Muh Haris, Anggota DPR RI Fraksi PKS, menyampaikan dukungan...