Pengelola Prambanan Targetkan Kunjungan 200 Ribu Wisatawan

KLATEN – Pengelola Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan menargetkan kunjungan 200 ribu wisatawan selama libur Lebaran, mulai H-1 hingga H+12. Target jumlah pengunjung ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang mencapai 195 ribu wisatawan.

“Pada libur Lebaran kali ini kita menghadirkan berbagai hiburan. Sehingga ketika wisatawan datang ke Candi Prambanan tidak menjadi bosan. Kita akan suguhkan mulai kesenian Jathilan hingga lukis payung yang mengarah pada budaya lokal,” jelas General Manager Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan Aryono Hendro Minggu (2/6).

Diakui Aryono, pengelola tidak akan memasang target terkait jumlah pendapatan yang diperoleh. Tapi, lebih ke upaya meningkatkan pelayanan. Mengingat pada libur Lebaran kali ini, kunjungan bakal didominasi wisatawan domestik. Rata-rata mereka adalah keluarga yang ingin melihat kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia itu.

Guna mengantisipasi animo kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan, pengelola telah menyiapkan kantong parkir serta loket tambahan.

Sementara itu, untuk tiket masuk wisatawan domestik yakni Rp 40 ribu per orang. Sedangkan untuk turis mancanegara yakni 25 dolar AS. Rata-rata wisatawan mancanegara datang dari Malaysia, Jepang, dan Belanda.

“Kalau libur Lebaran biasanya ya wisatawan domestik. Sedangkan wisatawan mancanegara masih sedikit. Selama satu tahun ini saja untuk kunjungan baru sekitar 200 ribu (wisatawan mancanegara, Red). Masih jauh jika dibandingkan yang datang ke Bali,” ucapnya. []

 

sumber: radar solo

%d bloggers like this: