Lewat Karya Boardgame Mahasiswa ISI Sabet Juara I

SOLO – Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta  meraih Juara I dan Harapan II  dalam Ajang Seleksi Krenova 2019 lewat Karya Boardgame Tema Lokal Konten Seni Tradisi.

Asmoro Nurhadi Panindias, selaku Kaprodi DKV dalam rilisnya, Jumat (2/8) menyebut, kedua tim tersebut masing-masing produk boardgame dengan judul: Dolan Dalan Dolanan sebagai Juara I, dan Bubat War meraih Juara II dalam seleksi Krenova tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Surakarta.

Kedua tim tersebut termasuk dalam kategori Mahasiswa dan Masyarakat Umum akan presentasi di depan juri baik dari praktisi, akademisi, pebisnis dan wakil dari Bappeda Surakarta serta memajang karya di STP (Solo Techno Park), Kentingan pada Rabu – Kamis, 31 – 1 Agustus 2019.

Karya Dolan Dalan Dolanan merupakan permainan yang menampilkan beragam dolanan anak disertai beberapa tahapan yang mengasyikkan untuk dimainkan secara berkelompok. Karnya ini dikerjakan oleh Nanda Putri Andriani, Daffa Ibnu Sabilla, Muhammad Nafis, Zulfan, Dhevin Kawistoro, dan Ngabekti (mahasiswa angkatan 2018 semester II).

Sedangkan karya Juara Harapan II boardgame berjudul Bubat War berisi bagaimana bermain strategi untuk dapat memenangkan pertempuran dengan setting edukasi sejarah dari Perang Bubat dengan tim yaitu : Muhammad Farid Imaduddin, Liliana Kitty Sozanolo, Harefa, Machadz Abdul Adli Akhlishon, dan Muhammad Rifan Ludfi (mahasiswa angkatan 2018 semester II).

“Kedua karya pemenang ini disertai prototipe boardgame, modul, dan merchandise untuk menarik pengunjung dan dewan juri melihat dan mencoba permainan boardgame tersebut,” ujarnya.

Karya boardgame ini sebagai bagian dari tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan di semester II yang diampu oleh  Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn dan Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds,  sudah diprogramkan untuk ikut ajang karya inovasi tersebut yang digelar rutin setiap tahun.

“Tujuan lain dari keikutsertaan yaitu karya mahasiswa dapat berdampak langsung dan sebagai solusi di masyarakat melalui desain yang menarik, inovatif dan kreatif serta dapat diimplementaaikan kepada masyarakat dan stakeholder,”pungkasnya. []

 

%d bloggers like this: