Solo Raya

Mengoptimalkan Kinerja Guru BK Menghadapi Tantangan Era Milenial

SUKOHARJO – Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMP Kabupaten Sukoharjo menggelar seminar sehari di Ruang Lab. TBSM SMK Veteran 1 sukoharjo, Selasa (27/08/2019).

Acara yang mengusung tema “Profesionalisme Guru BK dalam menghadapi Era Milenial” tersebut diikuti oleh 98 orang guru BK dari 80 sekolah SMP/MTs yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Seminar tersebut menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Drs. Suwarto, M.Pd., yang menyampaikan materi tentang Profesionalisme Guru BK dalam melayani siswa dan Drs. Muhammad Akrom, M.Pd., yang menyampaikan materi tentang tantangan Guru BK pada Era Milenial.

Dalam paparanya, ketua MGBK SMP Kabupaten Sukoharjo Drs. Sugiman mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja guru BK dalam memberikan pelayanan pada siswa di  Era Milenial.

“Guru BK haruslah mampu menghadapi tantangan Era Milenial” tegas lelaki yang kerap di sapa pak Giman.

Pada kesempatan yang sama ucapan terima kasih juga di sampaikan oleh ketua MGBK SMP kabupaten Sukoharjo kepada SMK Veteran 1 Sukoharjo atas segala dukungan dan partisipasinya dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

“Atas nama MGBK SMP Kabupaten Sukoharjo, kami aturkan banyak terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar SMK Veteran 1 Sukoharjo yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini, sehingga seminar ini dapat terlaksana dan berjalan lancar” tutur pak Giman.

Sementara itu, kepala SMK Veteran 1 Sukoharjo Drs. Dadi,ST dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai tempat penyelenggaraan seminar MGBK SMP Kabupaten Sukoharjo.

“Selamat datang di SMK Veteran 1 Sukoharjo kepada peserta seminar guru BK SMP se-kabupaten Sukoharjo, dan terima kasih atas kepercayaannya melibatkan kami dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” tuturnya.

baca: SMK Veteran 1 Sukoharjo Sabet Juara Umum ke 2 Lomba Temu Penegak

Sri Wahyuni, S.Pd. selaku Humas SMK veteran 1 Sukoharjo pada kesempatan yang berbeda menyatakan bahwa kegiatan ini selain seminar sehari juga penyampaian informasi tentang SMK Veteran 1 Sukoharjo kepada para peserta seminar yang notabene adalah guru BK SMP. Informasi disampaikan melalui penayangan compeny profile dan kunjungan ke bengkel pada masing-masing kompetensi keahlian.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kerjasama dan penyambung lidah dalam rangka  penyampaian informasi kepada para siswa SMP tentang SMK Veteran 1 Sukoharjo” kata guru bahasa Inggris yang kerap dipanggil bu Yuni.

Guru BK adalah jantung sekolah yang harus mampu memberikan pelayanan kepada siswa secara profesional dan siap dalam menghadapi Era Milenial. []