Pembelajaran Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS di SMK WIKARYA

KARANGANYAR – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikarya Karanganyar, Rabu (25/9) mengadakan pemilihan Ketua Osis.  Kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini merupakan salah satu cara mengenalkan kepada para siswa tentang betapa pentingnya sebagai warga negara turut serta berpartisipasi dalam berdemokrasi.

Triwanto, selaku Waka Kesiswaan mengungkapkan bahwa kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini merupakan salah satu media pembelajaran dan pengenalan kepada para siswa tentang demokrasi. Dia juga mengatakan semoga ketua OSIS yang terpilih nanti amanah dalam menjalankan tugasnya untuk kemajuan sekolah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK WIKARYA, Sularmi, dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut bahwa para siswa-siswi SMK WIKARYA Karanganyar diharapkan untuk memberikan hak pilih dan tidak boleh golput. Sebab golput hukumnya haram. Selain itu juga menyampaikan bahwa jangan sampai salah pilih dalam memilih seorang pemimpin.

Siswa SMK Wikarya Karanganyar sedang melakukan pemilihan Ketua OSIS baru

Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS ini diadakan oleh Komisi Pemilihan OSIS (KPO) yang beranggotakan dari para siswa siswi pengurus lama OSIS dan anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Secara konsep kegiatan pemilihan ini dikonsep seperti pemilu pada umumnya. Dengan tujuan agar para siswa paham dan mengerti tentang sistematika ketika mencoblos. Sehingga ketika mereka di masyarakat sudah tidak canggung di saat mengikuti pemilu nanti.

baca: Iriana Jokowi Tinjau Pelatihan Akbar Guru PAUD

Dalam kesempatan ini turut hadir perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar yang memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Salah satu perwakilan dari KPU Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa pemilihan ketua OSIS ini sudah melaksanakan prinsip-prinsip demokrasi. []

 

%d bloggers like this: