Penghayatan Nilai Pancasila, Tangkal Faham Radikalisme

KARANGANYAR – Komitmen Pemuda Pancasila (PP), dalam menjaga Pancasila sebagai idiologi bangsa patut diacungi jempol. Di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Ormas Kepemudaan tersebut, terus melakukan upaya menggaungkan nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan masyarakat.

Upaya tersebut dilakukan dengan menguatkan konsolidasi anggota hingga ditingkat pengurus anak cabang (PAC), yang diharapkan dapat berperan serta mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila hingga di kampung dan dusun-dusun.

Hal tersebut penting untuk membentengi masuknya faham-faham radikalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Sekertaris Pemuda Pancasila Kabupaten Karanganyar, Hendratno Widiyatmono,SE, MM, bahwa, Pemuda Pancasila memiliki tanggung jawab besar dalam mensosialisasikan Pancasila di tengah masyarakat.

Tujuannya agar nilai-nilai Pancasila tidak hanya dikenal, tapi juga mampu dihayati dan diamalkan dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, otomatis akan membentengi diri masuknya faham-faham radikalisme,” ungkap Hendratno Widiyatmono, Sekertaris Pemuda Pancasila, Kabupaten Karanganyar, disela sela konsolidasi pembentukan ranting PAC Kecamatan, Jaten.

Upaya mensosialisasikan idiologi Pancasila, di Bumi Intan Pari, dilakukan melalui pendekatan personal dengan menjalin komunikasi yang intens di masyarakat.

Pendekatan yang dilakukan, yakni, personal approud, sebuah pendekatan personal untuk mengetahui hal yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat. Selanjutnya akan disinkronkan dengan pengembangan bidang-bidang di Pemuda Pancasila.

baca: Konsolidasi Pemuda Pancasila Karanganyar, Tangkal Faham Radikalisme

“Konsep back to zero, yaitu kembali ke nol, akan dilakukan mulai dari tingkat bawah. Dengan memberikan pemahaman mulai dari tingkat keluarga terlebih dahulu.Dari keluarga akan ditanamkan nilai-nilai Pancasila, nilai patriotisme, dan cinta NKRI, untuk membentengi jiwa dari masuknya faham radikalisme,” imbuh Hendra.

Dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, 14 Kecamatan sudah terkonsolidasikan hingga ditingkat ranting. Konsolidasi terakhir dilakukan Kamis malam (07/11) di aula Balai Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar.

Dalam konsolidasi tersebut, anggota selain dibekali wawasan tentang Pancasila, juga diinventarisir keanggotaannya untuk KTA-nisasi. Sehingga terdaftar resmi secara administatif.

%d bloggers like this: