Anak Solo Sabet Penghargaan Anugrah Anak Hebat Indonesia 2019

SOLO – Seorang anak di Solo, menerima penghargaan Anugrah Anak Hebat Indonesia 2019, di Jakarta. Dia adalah Chielo Lintang Bagus Wijayanto (9) Warga Jalan Kalitan No:6 Kota Solo.

Penghargaan diberikan oleh Yayasan Istana Bocah Nusantara (IBN), sebuah lembaga yang berdiri 20 April 2012 lalu, yang miliki komitmen tinggi dalam mewadahi kreasi anak-anak Indonesia, serta memberikan hiburan-hiburan yang cerdas agar anak lebih aktif dan kreatif.

Pemberian penghargaan diselenggarakan meriah di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, 23-24 November 2019, dengan dihadiri sejumelah artis-artis ibu kota, seperti, Indra Bhekti, Elly Sugigi, Ingrid Wijanarko, Ray Sahetapy, Kiesha Alvaro, dan masih banyak lagi. Juga hadir Ketua Kommas PA Arist Merdeika Sirait.

Penghargaan yang diterima ‘anak semata wayang’ pasangan Tatang Bimo dan Lilik Volila ini merupakan supremasi tertinggi yang dianugrahkan IBN, untuk anak-anak berpreatasi di Indonesia.

Chielo, yang saat ini duduk di kelas 4, SD Al Firdaus Solo, dikenal cukup pintar, kreatif, dan berani tampil. Deretan prestasi sudah ditorehkan, diantaranya menjuarai kompetisi Robotic Internasional yang diselenggarakan di Osaka, Jepang, 2017 lalu.

Chielo, yang saat itu masih duduk di kelas 2, mampu menyabet juara 2 kategori Soccer (Tim) dan kuara 3 kategori Maze Sholving (personal). Disusul kejuaraan di Malaysia, yang mampu juara 1 kelategori Maze Sholving, dan juara 2 kategori Soccer.

Selain itu, masih banyak lagi prestasi Chielo, yang didapat dari sejumelah kompetisi lain di tanah air, seperti lomba science, lomba bahasa Inggris, dan lomba menyanyi. Dengan prestasi tersebut, Chielo, akhirnya tahun 2018, ditunjuk menjadi Duta Anak, oleh Komnas Perlindungan Anak, untuk program Memutus Mata Rantai Kekerasan.

“Saat kali pertama ditunjuk menjadi duta anak oleh Komnas PA, ada perasaan bangga dan tidak percaya. Bangga, karena Chielo, mendapat kepercayaan menjadi duta anak, sementara tidak percaya karena, persaingan dari ribuan anak se-Indoneaia, akhirnya Chielo masuk 25 anak yang terpilih sebagai duta anak,” kata Tatang, ayah Chielo.

Harapannya, imbuh Tatang, Chielo, mampu mengajak teman-temannya untuk saling menghargai, tidak melakukan bulying, dan tidak melakukan perbuatan lain yang mengganggu anak-anak.

Dalam penganugrahan Anak Hebat Indonesia, IBN bekerja sama dengan Komnas Perlindungan Anak dan Komnas Anak TV (Branch Image Yayasan IBN) yang momentumnya beriringan dengan peringatan 21 tahun Komnas Perlindungan Anak dan Hari Anak Internasional.

Acara berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya Indonesia dalam Konser Artis Peduli Anak, serta Pemecahan Aneka Rekor yang bertujuan untuk memberikan semangat dan dukungan terhadap Anak-anak Indonesia.

%d bloggers like this: