Menteri Perhubungan Tinjau Proyek Jalur KA Bandara Adi Soemarmo – Stasiun Balapan

SOLO – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek Jalur Kereta Api (KA) Akses Bandara Adi Soemarmo – Stasiun Balapan, Solo. Menhub bersama jajaran menjajal KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) yang beroperasi sementara dari Stasiun Solo Balapan menuju ke Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo, Boyolali pada Sabtu (28/12).

“Proyek ini sudah selesai dikerjakan. Besok Minggu, 29 Desember 2019 akan dioperasikan secara terbatas. Nantinya, kereta tersebut akan melayani setiap jam,” ujar Budi Karya Sumadi.

Kereta ini akan membawa penumpang dari Stasiun Solo Balapan di Solo, menuju Stasiun Bandara di Boyolali, Jawa Tengah, sejauh 13,5 kilometer.

kereta api

Kereta akan melaju kurang dari 30 menit. Rinciannya yaitu 19 menit dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara, dan 27 menit untuk rute sebaliknya.

Sementara itu, headway atau waktu tunggu antar kereta yaitu 40 menit. Lalu sekali angkut, kereta mampu membawa sebanyak 380 penumpang. Kereta pun tersedia setiap hari.

Di tahap awal ini, promo pun juga diberikan untuk para penumpang.  Sebab hingga Februari 2020, tiket kereta hanya Rp 0 rupiah alias gratis.

Peluncuran ini pun menambah daftar kota yang telah memiliki kereta bandara. Sebelum Jawa Tengah, kereta bandara telah lebih dulu hadir di Bandara Soekarno-Hatta, Banten; Bandara Kualanamu, Sumatera Utara; Bandara Minangkabau, Sumatera Barat, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Sumatera Selatan.

%d bloggers like this: