Lembaga Dewan Adat Kraton Bagi Daging Qurban dan Cairkan Gaji kepada Abdi Dalem

SOLO – Merayakan Idul Adha atau hari raya Qurban, Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu (1/8/2020), menyembelih sapi untuk dibagikan kepada para abdi dalem Keraton Solo.

Acara yang digelar di gedung Pagelaran Keraton tersebut, dihadiri Ketua LDA, GKR Wandansari (Gusti Moeng) dan Pangageng Pasiten, GKR Retno Dumilah.

Menurut Gusti Moeng, momen Idul Adha ini terasa spesial, bukan sebatas merayakan Idul Adha, namun juga menjadi ajang silaturahmi setelah hampir 5 bulan tidak bisa bertemu para abdi dalem karena adanya pandemi.

Sehingga, imbuh Gusti Moeng, selain bertemu membagikan daging qurban, dalam kesempatan ini juga dilakukan pembayaran gaji untuk 500 san lebih abdi dalem.

“Selama pandemi, para abdi dalem yang sebagian sudah sepuh-sepuh, sementara tinggal di rumah, ada pembatasan interaksi karena pandemi, sehingga gaji juga belum dapat tersalurkan,” ungkap Gusti Moeng.

Namun, kini. Sambungnya. Gaji para abdi dalem suda bisa terbayarkan.

Sementara, Wahyudi, abdi dalem asal Kabupaten Wonogiri, mengucapkan terima kasih yang besar kepada Gusti Wandan, atas perhatiannya kepada para abdi dalem selama ini.

“Kami para abdi dalem dikumpulkan di Pagelara Keraton untuk diberi daging kurban dan gaji,” ungkapnya gembira.

Para abdi dalem, imbuh Wahyudi, semuanya sangat memahami situasi pandemi saat ini. Semua tetap patuh dan mengikuti anjuran LDA dan pemerintah untuk sementara waktu berada di rumah.

“Setelah hampir 5 bulan, berada di rumah, kini para abdi dalem dapat berkumpul kembali dan berharap dapat kembali memberikan pengabdiannya untuk kraton. Para abdi dalem juga siap mentaati dan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya.

%d bloggers like this: