Research, Kualitas Produk & Menyerap Aura Kemenangan

Salah satu UKM yang saya salut di Bumi Intanpari, Karanganyar adalah Getuk Semar. Saya tahu persis ‘sebagian’ perjalanan hidupnya. Karena saya cukup dekat, bahkan pernah bersama-sama dimasa ‘gelapnya’.

Untuk membuat bisnis atau mengeluarkan produk baru, sang pemiliknya ‘Samsul Bahri’ akan all out, dia akan research kompetitor dulu, dimana letak kehebatannya, kualitasnya, omzetnya, pelayanannya, outletnya dia perhatikan cukup detail. Bahkan para jawara kompetitor dia datangi langsung untuk menyerap aura kemenangan kompetitornya.

Saya sendiri pernah membersamai ke Lembang, dalam rangka survey. Bagi saya ini semangatnya luar biasa. Jauh-jauh dari Karanganyar ke Lembang. Belum tentu kita sanggup melakukannya bukan?

Inilah salah satu kunci keberhasilan Getuk Semar. Ia paham betul kompetitor dan kebutuhan konsumennya. Dari hasil research yg ia lakukan, ia bisa membuat produk yang bekualitas. Jika produk itu belum di atas kompetitor secara kualitas, dia nggak bakal mengeluarkan produknya.

Sekarang kita sudah melihat sendiri. Berbagai produk yang dikeluarkan oleh Getuk Semar hampir semuanya nyaris laku. Luar biasa bukan?

Kunci keberhasilan lainnya, menurut saya inilah yg paling basic. “Kualitas produk”, Getuk Semar diuntungkan, squad yang dimilikinya, ia punya istri & anak yang jago masak (kuliah boga terbaik di Bandung). Inilah yang membuat Getuk Semar berjaya, saya tahu persis getuk inspirasinya, awal mula ia akan membuat, ia duplikasi kompetitornya kemudian ia sentuh dengan tangan dinginnya.

 

Aries Adenata

(Brand Activist)

 

%d bloggers like this: