Mengirim Pesan Lewat Slogan

Salah satu unsur yang mesti diperhatikan dalam membangun brand awarness adalah membuat slogan yang mengena konsumen. Slogan yang baik adalah slogan menggunakan frasa yang mengandung ajakan, deskripsi produk atau bahkan sesuatu yang lebih tertarget untuk konsumen. Slogan adalah sebuah kata kunci yang mengidentifikasi sebuah produk dengan menggambarkan esensi dari dua unsur, yakni misi dari produk dan janji atau fungsi dari produk

Agar slogan bisa mudah ditangkap oleh audience dari brand Anda dengan baik maka kita harus memperhatikan hal-hal berikut. Buatlah slogan yang menggambarkan dengan jelas tujuan dari produk yang ingin Anda pasarkan. Putuskan apa yang ingin Anda tawarkan. Jadikan hal tersebut sebagai fokus dalam pemasaran. Kedua, bicara tentang manfaat dan kelebihan dari produk tersebut. Ketika orang melihat sebuah slogan, beberapa dari mereka tidak peduli. Beberapa dari mereka akan berpikir tidak ada yang menonjol atau tidak ada yang tampak menarik dari apa yang mereka lihat. Jika hal ini terjadi, mulailah menambahkan manfaat dan kelebihan dari produk Anda ke dalam slogan. Dengan ini, para pembaca akan mengetahui apa yang akan mereka dapatkan dari produk yang Anda pasarkan. Selanjutnya, buatlah slogan yang mencerminkan citra dan kepribadian produk dari brand yang dipasarkan. Berikan para pembaca sedikit intipan mengenai merek bisnis Anda dan pilihlah kata sifat yang mencakup citra dari  bisnis Anda.

Slogan adalah cara yang baik dan cepat untuk mengirimkan pesan kepada audience dari brand Anda. Dan ini penting, karena audience ingin memahami tentang brand Anda, jadi mereka tahu jika brand Anda memiliki sesuatu yang mereka inginkan.

Salah satu brand lokal yang pernah saya buatkan slogannya adalah Maroon Pizza. Brand pizza ini ingin menyampaikan pesan kepada audience sekaligus ingin menunjukan “pembeda” dari kompetitor mereka, yakni produk pizza mereka ukurannya lebih tebal, juga teksturnya ketika dikunyah dimulut serasa lebih lembut karena orang Indonesia suka dengan roti yang berasa lembut. Bagi masyarakat Indonesia roti lembut itu bisa diasosiasikan roti yang fresh from the oven juga roti yang berkualitas. Ditambah lagi dengan cita rasa Indonesia. Tebal, lembut dan bercita rasa Indonesia adalah sesuatu yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia. Lidah Indonesia tentu lebih menerima dengan cita rasa yang dicustom sesuai cita rasa Indonesia. Untuk itulah “Lebih Tebal, Lebih Lembut, Lebih Indonesia” saya jadikan slogan untuk Maroon Pizza.

 

Aries Adenata

Brand Activist

 

%d bloggers like this: