Sambut Tahun Baru Islam, Lembaga Dewan Adat Gelar Doa Bersama

SOLO – Sehubungan dengan masih berstatus KLB Corona di Kota Surakarta kegiatan kirab malam 1 Suro Karaton Surakarta ditiadakan. Meski demikian sebagai gantinya, dalam rangka menyambut tahun baru kalender jawa Keraton Surakarta melalui Lembaga Dewan Adat Karaton Surakarta (LDA) menggelar acara Wilujengan Napaki Tahun Anyar Jimakir 1954 yang diikuti undangan terbatas  dari sentono dalem maupun abdi dalem dengan menerapkan protokol covid-19. Kegiatan sendiri diselenggarakan di Masjid Agung Surakarta, Rabu (19/8/2020).

Usai acara wilujengan dan doa bersama, GKR Wandansari Koes Moertiyah selaku ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta yang juga penanggungjawab acara, mengungkapkan,”Alhamdulillah, tata cara upacara yang kami selenggarakan sudah selesai, yang pertama tadi karena bersamaan dengan surut dalem atau meninggalnya Sinuwun Pakubuwono X, dimana selalu dimulai dengan tahlil dan dzikir untuk mengirim doa untuk beliau Almarhum Eyang Pakubuwono PB X,” ujarnya.

Berikutnya Wilujengan keselamatan, karena besuk pagi masuk tahun baru Jawa. Di tahun baru Islam semoga kita semua mendapatkan kesehatan, mendapat perlindungan dari Allah dan semua yang kita rencanakan terutama kebaikan Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan kebaikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

GKR Wandansari menambahkan,”Kita berharap semoga Covid -19 semoga lekas sirna, sehingga rakyat Indonesia bisa bangkit kembali bisa bekerja dan berkarya sesuai kehidupan masing-masing,”pungkasnya.

 

%d bloggers like this: