Dua Paslon Pilkada Solo Deklarasi Kampanye Damai

SOLO – Pasangan cawali-cawawali Surakarta, Gibran Raka Buming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-Fx Supardjo siap menegakkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan kampanye untuk mencegah penyebaran covid 19. Kesiapan tersebut ditandatangani dalam pakta integritas kedua pasangan calon bersama jajaran Muspida Kota Surakarta, Sabtu (26/9/2020).

Penandatangan pakta integritas dan deklarasi kampanye damai kedua paslon walikota-wakil walikota Solo ini diselenggarakan KPU Surakarta di Ballroam Hotel Sunan Solo.

Kedua paslon sepakat untuk menghadirkan pemilu damai, sejuk, serta mengikuti aturan protokol kesehatan covid 19. Jika melanggar, keduanya juga siap diberi sanksi baik administratif maupun pidana sebagaimana diatur di PKPU no 13 tahun 2020, Peraturan Perundang Undangan terkait protokol kesehatan, maupun UU lainnya.

Acara penandatanganan ini dihadiri Bawaslu dan jajaran Muspida Kota Surakarta, dan Ketua Gugus Tugas Penanganan covid 19.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti, mengatakan, berdasarkan PKPU No 13/2020 semua bentuk kampanye seperti bazar, konser musik, perlombaan  ditiadakan. Meski dibatasi pesertanya semua tetap dilarang.

“Untuk rapat umum juga dilarang, kecuali pertemuan tatap muka dengan maksimal hanya 50 orang jika ruangan memadahi,” katanya.

Setelah ini, kedua kontestan siap adu ide dan gagasan dalam kampanye nanti keduanya sama- sama menyiapkan strategi kampanye yang mayoritas online. Bahkan Gibran akan melakukan blusukan online, sementara bajo tetap akan melakukan dor to dor.

 

%d bloggers like this: