Berikut Tips Menikmati Kopi bagi Pemula

Ngopi saat ini seolah menjadi trend gaya hidup, begitu banyak kedai kopi berdiri di sudut kota. Baik yang berkonsep Café ataupun sekedar menggunakan mobil yang dimodifikasi menjadi meja bartender.

Banyak kawula muda yang gandrung dengan minuman kopi, mereka rela berkongkow-kowkow di kedai yang menjual kopi. Entah, karena mereka pecinta kopi (paham menikmati kopi.red) atau sekedar trend agar tak mau dikatakan ketinggalan jaman.

Trus, bagi pemula bagaimana cara menikmati kopi yang benar. Berikut ini tips dan triknya,

  1. Kenali Jenis Kopi yang Diminum

Bagi penikmat kopi, mereka pasti bisa membedakan jenis kopi hanya dengan sekali merasakannya. Namun bagi pemula, tentu butuh kerja keras untuk bisa membedakan satu jenis kopi dan lainnya. Nah, buat kamu pemula cara pertama menikmati kopi bagi pemula adalah mengetahui jenis kopinya terlebih dahulu. Sebagai contoh, Kopi Toraja memiliki cita rasa yang berbeda dengan Kopi Kintamani. Toraja rasanya pahit tapi rasa pahit tersebut cepat hilangnya. Sementara Kitamani rasanya lebih ringan dan lembut dan ada sedikit sentuhan rasa buah-buahan karena penanamannya melalui proses tumpang sari bersama tanaman buah.

  1. Jangan Minum Kopi Selagi Panas

Secangkir kopi panas memang sangat nikmat, tetapi jika kopinya terlalu panas makan lidah kamu bisa terbakar. Agar kamu bisa menikmati cita rasa kopi. Alangkah baiknya jika kamu menunggu 5 menit setelah kopi diseduh baru kamu meminumnya. Menurut para penikmat kopi dan barista profesional, suhu terbaik untuk menikmati kopi adalah 60 derajat celcius. Sedangkan untuk kopi hitam, sebaiknya tidak diseduh dengan air yang suhunya melebihi 88 derajat celcius. Semakin panas airnya, semakin pahit rasa kopinya karena kafein akan melebur lebih cepat pada suhu air yang tinggi.

  1. Hirup Aroma Kopi

Setiap jenis kopi pasti menghasilkan aroma tersendiri. Sebelum kamu menikmati kopi yang sudah diseduh dengan beragam cara, kamupun harus merasakan keharuman aroma kopi yang menggugah selera.

Sambil menunggu suhu panas kopi hilang, dekatkan cangkir kopi ke hidungmu dan hiruplah dalam-dalam aroma kopinya. Aroma kopi yang barusan kamu cium akan memberikan sugesti pada rasanya. Bila kamu merasa aroma kopinya nikmat, maka kamupun akan merasa cita rasa kopinya juga luar biasa enak.

  1. Minum Secara Perlahan

Untuk bisa menikmati cita rasa kopi, alangkah baiknya jika kamu meminum kopi secara perlahan dengan cara menyeruput kopinya. Setiap kopi yang masuk ke dalam mulut kamu tentu akan memberikan kesegaran dan rasa nikmat yang tidak akan terlupakan.

  1. Hindari Kopi Instan

Penikmat kopi sejati pasti akan berusaha menghindari kopi instan sebisa mungkin. Rasa kopi instan tentu saja tidak senikmat kopi yang memang berasal dari biji kopi yang baru digiling dan langsung diseduh. Jika  kamu ingin menikmati kopi yang benar-benar enak, lebih baik kamu menikmati kopi yang terbuat dari biji kopi yang dihaluskan dan langsung diseduh.

 

%d bloggers like this: