Muresko Beri Penghargaan untuk 6 Pahlawan Masa Kini

SUKOHARJO – Banyak cara untuk menjaga semangat Hari Pahlawan di Kabupaten Sukoharjo. Museum Rekor Indonesia Sukoharjo (Muresko) memberikan penghargaan kepada enam warga sukoharjo yang terpilih dan dianggap layak sebagai pahlawan masa kini, Senin (9/11/2020).

Bertempat di halaman posyandu Lansia Ngudi Waras, Kelurahan Jetis, Sukoharjo. Acara yang digelar dengan protokol kesehatan yang diikuti puluhan peserta yang mayoritas ibu -ibu lansia ini diawali dengan upacara sederhana dengan mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Ini cara kami menjaga semangat dan jiwa nasionalisme, patriotisme di Hari Pahlawan ini. Kami berikan penghargaan pada enam warga Sukoharjo yang berjasa, ini bentuk kebanggaan kami khususnya Muresko, dengan semangat ‘Hormati Pahlawan’,” ujar Antonius Bimo Kolor Wijanarko, Ketua Muresko, saat upacara dan penyerahan penghargaan, di pos Lansia Ngudi Waras, kelurahan Jetis, Sukoharjo, Senin (9/11).

Kemudian enam pejuang kemanusiaan yang disebut namanya yang merupakan pahlawan lokal yang dinilai telah berjasa di bidang masing- masing, seperti yang bergerak dibidang kesenian dan ada juga yang berkiprah di bidang kesehatan.

baca: Aktivitas Merapi Meningkat TNI/Polri Patroli ke Warga

Yakni Samini (sukarelawan kesehatan lansia), Maryatun (sukarelawan kesehatan lansia dari akademisi), Dibyo (tenaga kesehatan), Sukasdi (dalang kethoprak), Bambang Sugiri (motivator) dan Bambang Hermanto (sastrawan). Menerima piagam penghargaan dari Muresko.

Salah satu penerima penghargaan, Samini sukarelawan kesehatan lansia mengaku tidak pernah berharap apa yang telah dilakukannya mendapat penghargaan atau apresiasi, apalagi disebut sebagai pahlawan.

Karena sosok pahlawan itu adalah orang yang mau berjuang untuk orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Samini sendiri mengelola posyandu Lansia Ngudi Waras sesuai kemampuan sejak tahun 2007. Saat ini anggotanya ada 115 orang.

Kegiatan sederhana ini sengaja dilakukan selain memperingati Hari Pahlawan juga cara warga Sukoharjo menjaga semangat jiwa nasionalisme dan patriotism.

 

%d bloggers like this: