Langka, Harga Varigata Terus Melonjak

KARANGANYAR – Tanaman hias jenis Varigata dari berbagai jenis masih jadi tren di tahun ini bahkan mungkin  ditahun 2021 mendatang. Masih kurangnya stock dipasaran menjadi salah satu pemicu melonjaknya tanaman hias jenis varigata.

Menurut Yono Sumarwoto kepada Solotrend, beberapa waktu yang lalu mengungkapkan bahwa tanaman hias jenis varigata masih sangat jarang dan langka dipasaran.

“Sebenarnya tanaman jenis varigata masih langka di pasaran ini salah satu pemicu, tanaman hias melonjak naik terus harganya,” ungkap Gondrong panggilan akrap Yono Sumarwoto beberapa waktu yang lalu.

baca: Tahun 2021 Bisnis Tanaman Hias Diprediksi Masih Terus Diminati

Katika saya berburu tanaman hias baik di Tawngmangu dan kota-kota lain, tanaman hias jenis varigata masih langka dan jarang.

Gondrong menambahkan, kalaupun ada stock masih belum banyak, dan saat ini kebayakan petani masih berusaha untuk memperbanyak tanaman hias jenis varigata.

“Kami berusaha memperbanyak dengan jalan memotong atau bahasa kami membonggol tanaman hias jenis varigata ini,” tambahnya.

Masih sangat sulit untuk memperbanyak dan kadang juga keturunannya ternyata tidak jadi varigata atau bahasa kami ‘ndlusup’ menjadi salah faktor penyebabanya.

Senada dengan Gondrong, Purnomo pemilik Godong Seger Nurseri di daerah Margosanten Tawangmangu membenarkan bahwa katika kita memperbanyak dengan cara split bonggol kadang kita tidak mendapatkan anakan yang sesuai dengan induknya.

“Adakalanya kita memperbanyak dengan split bonggol tapi karakternya tidak sesuai dengan induknya, dan itu menjadi salah satu penyebab langka tanaman varigata,” katanya.

Maka kadang-kadang bagi kami para petani ada rasa harap-harap cemas ketika tanaman kita bertambah daun. Dan itulah menjadi seni tersendiri ketika kita bertani tanaman hias dengan jenis varigata.

“Ada rasa deg-deg sir, ketika kita menunggu tanaman kita ketika akan bertambah daun” pungkas Purnomo.

%d bloggers like this: