Mengenal Lebih Dekat Tanaham Hias Varigata

KARANGANYAR – Kembali boomingnya tanaman hias dimasa pandemi ini didonominasi oleh tanaman hias varigata. Lalu sebenarnya apa dan bagiamana tanaman hias varigata tersebut? Karena tidak jarang ada juga tanaman hias dengan varigata buatan atau rekayasa.

Agar tidak keliru dalam memilih tanaman hias dengan jenis varigata maka  Solotrend beberapa waktu yang lalu, melakukan wawancara kepada beberapa petani dan pemilik Nurseri di daerah Tawangmangu. Kecamatan Tawangmangu dan sekitarnya saat ini menjadi sentra petani tanaman hias.

baca: Langka, Harga Varigata Terus Melonjak

Menurut salah satu petani tanaman hias yang berasal dari Desa Sepanjang Tawangmangu, Yono Sumarwoto mengungkapkan, “Varigata sendiri sebenarnya merupakan kelainan atau kekurangan pigmen klorofil dari suatu tanaman,” ungkap Gondrong panggilan akrap Yono Sumarwoto, Selasa (8/12/2020).

Akibat kekurangan inilah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobi tanaman hias. Varigata sendiri ada beberapa warna, putih, kuning, pink bahkan ada yang coklat kehitaman.

Dan varigata sendiri terjadi di beberapa jenis tanaman hias, akan tetapi tanaman tersebut sehat bukan sakit karena kekurangan unsur hara.

Sementara itu menurut Miyono bagi para pemula disarankan untuk selalu berhati-hati dalam memilih tanaman hias, sebab bisa saja mendapatkan tanaman berpenyakit bukan yang varigata atau bahkan varigata buatan atau semprotan.

” Sebenarnya bagi kebanyakan petani sudah sangat mudah untuk membedakan mana tanaman hias yang varigata atau tanaman hias yang berpenyakit,” katanya.

Ada corak yang sangat indah dan gradasi warna yang menawan atau mewah kalau orang bilang. Sedangkan tanaman berpenyakit ceberung bercak trotol-trotol yang kurang sedap kalau dipandang.

Untuk tanaman hias dengan varigata buatan atau semprotan biasanya akan nampak kurang indah dan kalau kita lihat kurang alami.

“Saran saya bagi para pemula untuk melihat batang dari tanaman tersebut, kalau batangnya ada garis-garis Varigata yang jelas maka biasanya daun dan tulang daun biasanya juga ada varigatanya, jelasnya.

Dan tentunya untuk pemula disarankan untuk membeli tanaman dengan jenis varigata kepada nurseri  yang terpercaya.

 

%d bloggers like this: