Malam Menjadi Waktu Istimewa bagi Pemburu Tanaman Hias

KARANGANYAR – Hujan dan suhu dingin seakan tidak menjadi penghalang bagi para pemburu tanaman hias di kota dingin Tawangmangu. Seolah tak ingin kehilangan waktu malam itu, Kamis (17/12/2020), mereka tetap berburu tanaman yang mereka angankan.

Tak terkecuali di salah satu Nurseri di kawasan bumi perkemahan Sekipan Kalisoro terdapat Nurseri dan Warung Kopi yang selalu riuh rendah semenjak tanaman hias booming di tahun ini.

Adalah Giyo Setyawan Pria berambut gondrong  yang selalu berpenampilan nyentrik, dengan khas celana dorengnya, menyambut kami tim Solotrend, ketika mendatangi Warung Kopi, ‘Jagonya Kopi’ yang tepat di sampingnya terdapat Green House tempat koleksi tanaman hiasnya.

baca: Bupati Karanganyar Ajak Masyarakat Bijak Bermedsos

Memang hampir setiap malam tempat tersebut menjadi tongkrongan baik para petani tanaman hias maupun para kolektor tanaman hias di kawasan Solo Raya, bahkan bukan hanya Solo Raya, para pemburu tanaman hias dari luar kotapun banyak yang datang ke Nurseri tersebut.

“Kami sudah biasa mas, berburu tanaman hias sampai larut malam,” ujar ‘Etek’ sapaan karib Giyo Setyawan.

Alasan kenapa para penikmat tanaman hias berburu tanaman hias sampai larut malam karena malam hari lebih longgar dan biasa bersilaturahmi dengan sesama penghobi.

“Yaa… Kalau malam hari sih relatif lebih longgar, untuk sekedar sharing masalah taneman, dan kita bisa ngopi  sambil bercengkrama untuk menambah dekat” ungkapnya sambil mengamati tanaman hiasnya,”ujarnya.

Selain itu kita ini walupun satu hobi kan beda-beda profesi, ada yang kerja kantoran dan yang dagang, kalau saya sich yaa petani tanaman hias. Sehingga waktu yang tepat untuk berburu ya dimalam hari, karena longgarnya dimalam hari.

Lanjut Giyo, kalau malam kalau berburu ya transaksi jual beli atau kadang juga hanya sekedar barter tanaman dengan teman.

Senada dengan Etek, Sigit Budiyanto mengungkapkan bahwa berburu tananan hias di malam hari lebih bisa memilih tanaman yang bagus hanya bermodal senter Handphone.

“Keuntungan lain berburu buru tanaman hias dimalam hari, selain lebih longgar kita bisa memilih tanamn Varigata hanya bermodal senter HP,” katanya.

Karena tanaman dengan karakter Varigata biasanya akan lebih nampak ketika terkena sinar.

%d bloggers like this: