Mengintip Jenis Tanaman yang Bakal Populer di Tahun 2021

KARANGANYAR – Tahun 2021 ini nampaknya trend tanaman hias masih digemari oleh masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang masih tidak menentu.

Diawal tahun ini bahkan di malam pergantian tahun, para penghobi dan petani tanaman hias masih wara-wiri berburu tanaman idolanya, khususnya di kota dingin Tawangmangu.

Pantuan Solotrend dibeberapa Green House disekitar Kampung Kembang  Nglurah Tawangmangu, di malam pergantian tahunpun masih riuh rendah para penghobi berburu tanaman hias terutama jenis Aroid.

Tidak terkecuali di daerah sekitar Tawangmangu yaitu di lereng Gunung Lawu tersebut banyak Green House kecil yang bertani Tanaman Hias.

Di Dusun Semin Gamping, Desa Bandar Dawung, Tawangmangu contohnya,  terdapat Nurseri kecil yang oleh empunya diberi nama 5758 (Maju Mapan Nurseri). Nurseri kecil tapi memiliki koleksi tanaman hias yang lumayan komplit tersebut, tiap harinya selalu ramai dikunjungi para penghobi bukan penghobi tanaman hias lokal Solo Raya tapi bahkan dari luar kota, baik Jogjakarta sampai Bogor hingga Jakarta.

baca: Pembangunan Pabrik PT Indosan Bantu Tingkatkan Investasi di Jawa Tengah

Pada kesempatan awal tahun 2021 ini, Solotrend sejenak ngobrol dan berbincang dengan pemilik dari Nurseri kecil tersebut mengenai perkembangan tanaman hias dan peluang usaha di tahun 2021 ini, Sabtu (2/1/2021).

Menurut Ardi Sunardi tanaman di tahun ini akan semakin meningkat dibanding tahun lalu, 2020. Pasalnya banyak sekali para penghobi dan petani baru yang berburu tanaman hias akhir-akhir ini.

“Saya kira untuk trend tanaman hias akan semakin meningkat ditahun ini, karena banyak sekali para penghobi baru yang berasal dari kaum milenial,” ungkap ‘Jendral’ panggilan Akrab Nardi.

Ditahun ini bukan hanya tanaman hias dari varietas Varigata yang diburu oleh para penghobi. Tanaman Ijoanpun menjadi idola baru bagi penghobi, khususnya tanaman yang langka, atau biasanya disebut Rare Plant.

“Diantara jenis-jenis tersebut ada Pilodendron Holtonianum, Raphidopora Tetra Sperma, Rapidhopora Pertusa, Pilo Code, Sharonie dan lain-lain dari jenis yang langka,” tambahnya.

Senada dengan Ardi Sunardi, Purnama pemilik, Simple Nurseri juga mengatakan bahwa perkembangan tanaman hias di tahun ini akan didonominasi dari tanaman yang mempuyai karakter merambat atau kalau kita kenal tanaman dengan tambahan turus (menjalar-red).

“Saya kira tananam hias dengan karakter menjalar seperti Philodendron dan sejenis masih menjadi tanaman yang trend ditahun 2021 ini,” pungkasnya.

%d bloggers like this: