Walikota Surakarta Tinjau Vaksinasi Covid-19 bagi Nakes

SOLO – Dalam rangkaian agenda Mider Prajan, Walikota FX. Hadi Rudyatmo kembali melakukan peninjauan di beberapa puskesmas di Surakarta, Jumat (15/1).

Program vaksinasi Covid-19 di Kota Surakarta sendiri sudah berjalan dua hari yang dimulai kemarin, Kamis (14/1). Dan selama dua hari ini, FX. Hadi Rudyatmo memastikan langsung pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan berjalan lancar sesuai dengan target.

Untuk alur pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi para penerima vaksin sendiri harus melewati empat meja. Alur 4 meja ini telah tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor hk.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditandatangani oleh Dirjen P2P Muhammad Budi Hidayat pada 2 Januari 2021.

Di meja pertama merupakan alur pendaftaran dan verifikasi data bagi penerima vaksin. Meja kedua petugas kesehatan melakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid) serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana berupa pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah.

baca: Dinkes Siapkan Laboratorium untuk Diagnosis PCR

Selanjutnya, di meja ketiga ini dilakukan penyuntikan vaksin. Dan meja keempat dilakukan pencatatan dan petugas meminta untuk menunggu 30 menit sebagai antisipasi bila ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Terakhir penerima vaksin diberikan kartu vaksinasi dan penanda edukasi pencegahan Covid-19. Kartu vaksinasi berupa manual dan atau elektronik.

%d bloggers like this: