Brand adalah Persepsi X Pengalaman

Sebagian besar para pelaku usaha masih beranggapan bahwa brand hanya sekedar merk, logo atau kemasan saja. Brand lebih dari itu semua. Semua aspek dalam bisnis tersebut akan menciptakan sebuah brand, karena brand adalah persepsi dan pengalaman pelanggan setiap kali berinteraksi dengan brand tersebut.

Untuk bisa menciptakan brand, tentu butuh sebuah pengalaman bagi pelanggannya, dengan kata lain belum bisa disebut sebuah `brand` jika pelanggan belum punya pengalaman dengan brand tersebut

Menciptakan Persepsi

Agar brand kita semakin baik, maka kita sebagai pemilik brand harus menciptakan pengalaman-pengalaman ‘luar biasa’ bagi pelanggan. Kreatifitas dan konsistensi dalam menciptakan pengalaman dengan brand tersebut menjadi jawaban agar brand tersebut semakin dikenal, dibela dan mendapatkan pelanggan loyal.

Kunci menciptakan pengalaman ada di interaksi pertama kalinya. First impression adalah kunci, jika berhasil di first impression, brand kamu akan mendapatkan segala-galanya dari pelanggan, jika gagal di first impression akan berujung petaka bagi brand kamu. Untuk itu, segala upaya untuk menciptakan pengalaman pertama harus kita lakukan dengan baik.

Apa itu Pengalaman?

Pengalaman adalah hasil interaksi pelanggan dengan brand kita. Baik pengalaman yang berhubungan dengan produk, layanan, cara mendapatkannya, visual identity dan semua aspek yang ada dalam bisnis tersebut. Jika pelanggan mendapatkan pengalaman Ketika berinteraksi dengan salah satu atau sebagian dari aspek tersebut, maka akan tercipta sebuah `brand` di dalam otak konsumen

Di dalam otak konsumen, akan tercipta sebuah pengalaman yang akan membentuk persespsi tentang brand tersebut, jika pengalaman itu sesuai ekspetasi dari yang dia harapkan, maka akan tercipta sebuah brand yang baik menurut pengalamannya. Begitu juga dengan sebaliknya, juga akan terbentuk persepsi yang tidak kita harapkan.

baca: Mengirim Pesan Lewat Slogan

Nah, buat kamu para brand owner. Aspek menciptakan pengalaman inilah yang harus diperhatikan agar brand kamu semakin baik.

Tetap semangat membangun brand yang saat ini kamu bangun ya. Ingat, musuh terbesar dalam membangun brand adalah berpikir secara instan!

 

Aries Adenata

Brand Activist

%d bloggers like this: