UNISRI & Pemuda Tani HKTI Jateng Jalin Kerjasama Sektor Pertanian

SOLO – Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)  Provinsi Jawa Tengah bersama Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menjalin kerjasama atau MOU. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta, Selasa (9/2/2020).

Hadir dalam kegiatan ketua Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)  Provinsi Jawa Tengah, Heriwanto, S.Pd.I.M.P.I dan dari Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (UNISRI), Dr, Dewi Ratna Murhayati,  MP. Kegiatan ini sebagai komitmen bersama dalam mewujudkan kesejahteraan pertanian di Jawa Tengah.

Heriwanto menjelaskan, “Kerjasama ini sebagai bentuk komitmen kami, dengan menggandeng perguruan tinggi kita punya infrastruktur pendukung yang kuat dalam pengembangan pertanian di Jawa Tengah,” jelasnya.

Lanjut Heri, “Kegiatan ini akan kita wujudkan dengan kegiatan – kegiatan yang aplikatif. Kegiatan yang riil menyentuh masyarakat,” imbuhnya.

Dewi Ratna Murhayati menjelaskan, “Kerjasama ini melingkupi pengabdian masyarakat, penelitian dan pendidikan. Kami nanti ke depan, jika kampus ada kegiatan-kegiatan seminar kami berharap Pemuda Tani HKTI berkenan untuk memberikan materi,” jelasnya.

Ada 4 poin penting dalam kerjasama tersebut: Pertama, Pemuda Tani HKTI Provinsi Jawa Tengah dan Fakultas Pertanian Unisri sepakat mengadakan Kajian Urban Farming yang Berkelanjutan pada Masyarakat Kota di Jawa Tengah, upaya ini sebagai bentuk Menjawab Krisis Ruang Terbuka Hijau, Menjaga Ketahanan Pangan.

baca: Gandeng Solopeduli BEM Unwidha Salurkan Donasi Bencana

Kedua, sepakat Percepat Regenerasi Petani Milenial, dengan meningkatkan Akselerasi Kegiatan baik berbasis keterampilan, riset, atau kewirausahaan.

Ketiga, sepakat mengadakan kegiatan bersama dalam bidang penelitian (riset) dan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang Pertanian.

Keempat,  berkerjasama mendirikan Pusat Studi Ketahanan Pangan Daerah dengan konsentrasi mengkaji isu-isu strategis yang berkaitan  dengan kebijakan dan dinamika pertanian baik daerah, nasional dan global.

%d bloggers like this: