Bursa Tanaman Hias di SGM: Gelombang Cinta Laku 12 Juta

SOLO – Bursa Tanaman Hias kembali digelar, kali ini bertempat di Solo Grand Mall (SGM). Ada 12 stand yang ikut dalam pameran tersebut, dengan berbagai macam atau jenis karakater tanaman.

Acara yang dikuti beberapa Komunitas Tanaman Hias Se Solo Raya tersebut diselenggarakan dari tanggal 11 Februari hingga 21 Februari 2021.

Suryantoro (52) salah seorang peserta stand kepada Solotrend menjelaskan bahwa bebeapa jenis tanaman yang dipamerkan meliputi jenis tanaman Aglonema, Sansivera, Adenium, Anthurium, Calathea, Philodendron, Keladi dan lain sebagainya. Untuk harga mulai dari yang terendah 15 ribu hingga 20 juta.

“Antusias masyarakat cukup tinggi hal ini dibuktikan dengan banyaknya transaksi meski di kelas menengah seperti Aglonema, Adenium Bungan dari harga 100.000 hingga 500.000,” ujarnya Jumat (19/2/2021).

Suntoro sendiri menekuni hobi tanaman hias sudah 10 tahun. Bersama teman-temannya ia mendirikan komunitas Adenium dan ia dipercaya menjadi ketuanya.

Ia yakin jika menekuni sebuah hobi maka bisa memperoleh hasil yang baik.

“Untuk urusan hobi itu ada periode per 5 tahun biasanya ada kenaikan. Kalau orang serius memiliki hobi tanaman ya serius dikembang biakkan. Padahal kalau mau sabar menyilangkan maka akan muncul varian baru, dan lima tahun bisa memetik hasilnya,” tambahnya.

Untuk tahun ini hampir tiap tanaman laku, sekarang Philo malah bisa tinggi harganya mencapai ratusan juta.

Tuti pemilik Sri Rejeki Flora Sekar Kedaton menunjukan koleksinya Gelombang Cinta yang laku 12 juta.
Tuti pemilik Sri Rejeki Flora Sekar Kedaton menunjukan koleksinya Gelombang Cinta yang laku 12 juta.

Tips bagi pemula yang ingin memelihara tanaman hias, Suntoro memberikan rahasinya.

“Intinya harus senang dulu. Entah harganya tinggi atau murah terus ditekuni. Kebanyakan orang hanya mengikuti trend yang ada. Ramai jenis ini ikut, jenis lain ikut juga. Kalau turun tanamannya dibuang. Akhirnya bubar,” katanya.

baca: Jaga Kelestarian Air, Penshutindo Tanam Sejumlah Pohon

Menikamati tanaman hias sekalian mempelajari lebih mendalam, contohnya jemani dulu dan sekarang itu berbeda jenis variannya. Karena yang bermain adalah pemain lama.

Sementara itu dari pameran tersebut untuk sementara tanaman hias mahal yang sudah laku yaitu jenis Gelombang Cinta Blackpink dibeli oleh pecinta tanaman hias asal Sragen seharga 12 juta. Hal ini diungkapkan oleh Tuti, pemilik Sri Rejeki Flora Sekar Kedaton.

 

 

%d bloggers like this: