Benteng Vastenberg Resmi Jadi Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19

SOLO – Dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di Solo, atas inisiasi Pangdam IV/Diponegoro membuka rumah sakit lapangan di Benteng Vastenburg Surakarta pada, Rabu (24/02). Hal ini bertujuan untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di wilayah Solo dan sekitarnya.

Peresmian yang diikuti oleh Penanggungjawab Harian Walikota, Ir. Ahyani, Kajati Jawa Tengah Priyanto, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, serta jajaran Forkompinda Surakarta.

Menurut Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari, mengatakan bahwa terdapat 3 rumah sakit lapangan yang tersebar di Indonesia antara lain yaitu di Sulawesi Barat, RSPAD Gatot Subroto Jakarta, dan Benteng Vastenburg Surakarta.

“Bersama sama dengan mengerahkan semua potensi yang ada segenap elemen masyarakat, kita bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga meminimalisir dampak pandemi”, ujar Bakti Agus Fadjri dalam sambutannya.

Rumah sakit lapangan ini terdiri dari 20 tenda. Antara lain tenda untuk tenaga kesehatan, Instalasi Gawat Darurat (IGD), laboratorium, ruang perawatan, dan ruang dekontaminasi.

baca: Pimpinan MTA Ustadz Ahmad Sukina Meninggal Dunia

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo mengatakan dibutuhkan kerja sama kepala daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan semua warga Jateng untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Saya sampaikan apresiasi luas biasa TNI AD yang telah menginisiasi Rumkitlap ini, sehingga bisa membantu penanganan pasien Covid-19 di Solo dan sekitarnya,” ungkap Yulianto.

%d bloggers like this: