Mengenal Jenis-Jenis Burung Lovebird yang Populer di Indonesia

Burung lovebird berasal dari Afrika, disebut lovebird atau burung cinta karena mereka termasuk dalam jenis unggas yang setia. Salah satu daya tarik lovebird adalah suaranya yang merdu. Jenis-jenis burung lovebird pun memiliki kicauan unik yang berbeda. Oleh karena itu, suaranya sering dijadikan penilaian dalam perlombaan burung.

Kicau dari hewan ini biasanya disebut dengan istilah ngekek, ngeroll, dan gacor. Suara burung lovebird ngekek terdengar mirip alunan tembakan dengan irama yang sangat cepat. Kemampuan tersebut bisa didapatkan dengan pelatihan khusus.

Berikut adalah 10 contoh jenis lovebird penangkaran yang populer di Indonesia.

  1. Blorok

Selain violet, burung jenis ini juga sangat diminati oleh para pecinta burung. Pasalnya, blorok memiliki warna yang unik dan indah. Berbeda dengan jenis lain yang biasanya memiliki warna yang dominan, kalau blorok memiliki banyak macam warna bulu.

Blorok memiliki bercak warna pada bagian tubuh dan sayapnya. Untuk kepalanya berwarna oranye dan putih, sedangkan sayapnya berwarna biru gelap. Selain itu, bagian perut nya pun perpaduan antara biru muda dan hijau.

  1. Violet

Salah satu jenis yang populer di Indonesia adalah violet. Burung ini memiliki ciri khusus yaitu berwarna biru gelap keungu-unguan pada badannya. Sedangkan untuk kepala dan leher biasanya berwarna putih atau abu-abu. Selain itu, ia memiliki paruh berwarna merah muda atau putih tulang.

  1. Parblue

Burung jenis ini merupakan keturunan dari yellow-collared sehingga memiliki warna kuning pada wajahnya. Parblue atau partial-blue sangat langka dan sulit dicari. Bahkan, ia sempat menjadi jenis lovebird termahal karena keunikanya.

Ciri khas dari jenis ini adalah memiliki biru yang tidak merata pada bagian sayap dan badannya. Badannya berwarna campuran antara biru tua, muda, dan abu-abu.

  1. Lutino

Burung jenis ini merupakan keturunan dari peach-faced. Biasanya lovebird identik dengan warna hijau, kalau lutino warnanya lebih dominan kuning.

Sedangkan untuk kepalanya berwarna oranye dengan paruh berwarna merah. Untuk matanya, ada yang berwarna hitam atau merah.

Para pecinta burung menyukai jenis lutino bukan hanya dari warna bulunya yang unik tapi juga karena suara kicauannya. Lutino terkenal akan suaranya yang merdu dan lembut.

  1. Albino

Sesuai dengan namanya, albino, burung ini memiliki warna dominan putih. Dari ujung kepala hingga ekornya, albino memiliki satu warna yaitu putih. Namun, ada juga variasi lain di mana warnanya lebih putih kebiruan.

Selain warnanya yang terlihat bersih dan unik, para pecinta burung tertarik kepada burung ini karena suaranya. Ia memiliki kicauan yang terdengar merdu dan cantik. Bahkan, albino juga bisa menirukan kicauan dari burung lain.

  1. Biola

Lovebird biola pada mulanya banyak dijumpai di Amerika dan Belanda. Seiring berjalannya waktu, biola kemudian diimpor ke Indonesia dan berhasil menarik perhatian para pecinta burung.

Ciri khas dari jenis lovebird import ini adalah memiliki warna bulu yang indah. Kepalanya berwarna oranye muda, sedangkan untuk warna tubuhnya adalah hijau.

Selain warnanya yang bagus, biola juga memiliki suara yang merdu. Unggas ini bisa berkicau sangat panjang jika dirawat dengan baik.

  1. Batman

Ciri khas dari unggas ini adalah mempunyai warna hitam pada bagian sayap dan kepalanya. Sedangkan untuk leher dan dadanya berwarna lebih cerah seperti putih atau abu-abu.

  1. Biru Pastel

Kalau lihat burung yang satu ini bawaannya adem dan menenangkan banget. Pasalnya, jenis lovebird pastel atau lebih sering disebut dengan blue-ice ini memiliki warna yang sangat kalem.

Bulu pada bagian tubuh hingga ekor didominasi dengan warna biru muda. Sedangkan untuk lehernya biasanya berwarna putih salju dan kepalanya berwarna gelap seperti abu-abu atau hitam.

baca: Berikut Cara Merawat Burung Murai Agar Gacor

  1. Dakocan

Burung lovebird dakocan memiliki warna bulu yang lebih dominan ke warna biru, hijau serta violet. Kemudian, warna bulu tersebut menjadi pembagi atas banyaknya jenis dari burung dakocan.

  1. Cobalt

Jenis burung ini sangat mudah ditemukan di pasaran karena banyak sekali peminatnya. Ciri khas dari cobalt adalah berwarna dominan biru dengan leher putih dan wajah hitam seperti memakai topeng. Ciri-ciri lainnya adalah memiliki ujung ekor yang berwarna hitam.

 

 

 

 

%d bloggers like this: