Ingin Belajar Menjadi Pambiwara? Permadani Membuka Pendaftaran

KLATEN – Merangkai kata-kata indah dalam pakem bahasa Jawa yang benar tentu tidak mudah. Apalagi jika tidak tahu ilmunya. Tidak sedikit pejabat publik yang kedodoran dan berkeringat dingin ketika dipaksa bicara menggunakan pidato bahasa Jawa di atas panggung.

Dilansir dari laman klatenkab, kini jangan khawatir. Bagi yang ingin terampil berbahasa jawa khususnya sebagai panatacara alias MC, atau punya kesulitan pidato berbahasa Jawa, maka kesempatan itu terbuka lebar.

Lembaga kursus Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau lebih dikenal dengan Permadani Klaten membuka pelatihan atau pawiyatan bagi warga Klaten dan sekitarnya untuk belajar menjadi panatacara atau pamedarsabda.

Pawiyatan angkatan XVIII saat ini dibuka untuk umum. Pendidikan akan dimulai 25 Mei 2021 bertempat di kompleks RSPD sekaligus sebagai sekretariat pendaftaran.

Bambang Eko Susilo selaku Ketua Umum Daerah Permadani Klaten mengharapkan warga Klaten khususnya generasi muda mau belajar bahasa Jawa sekaligus merintis karier menjadi Master of Ceremony (MC) yang terampil dalam bahasa Jawa.

“Informasi pembukaan pawiyatan Permadani angkatan XVIII untuk bisa disebarluaskan bagi masyarakat. Saya terima kasih jika ada yang mengajak teman kantor atau kenalan untuk bersama-sama belajar di Permadani Klaten,” kata Eko, Senin, (1/3/2021).

Kalau ada warga yang berminat, Bambang Eko sekaligus pejabat Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten itu menambahkan cukup menghubungi sekretariat Permadani di RSPD Klaten di barat Alun-Alun Klaten tepatnya di belakang Gedung Pandanaran Klaten.

“Biaya pendidikan masih sangat terjangkau yakni hanya 900 ribu dan pendaftaran 200 ribu. Peserta didik akan diajarkan tentang sastra Jawa, ngudi busana, tata upacara adat Jawa sampai tembang-tembang Jawa,” ujarnya.

baca: Dukung UMKM, Solo Square Gelar Pameran Tanaman Hias

Tapi yang terpenting peserta didik bisa mapanake jejibahan atau tahu tugas yang harus disampaikan baik sebagai panatacara khususnya saat jadi pamedarsabda. Tambah saudara di Permadani untuk menambah pertemanan sambil negluri budaya Jawi itu lebih utama.

Pendaftaran peserta pawiyatan Permadani dimulai 7 Pebruari sampai 7 April 2021 dengan menyertakan pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar serta mengisi formulir pendaftaran.

Untuk informasi dan pendaftaran bisa menghubungi nomor 085 728 280 761. Sampai saat ini Permadani telah meluluskan 457 siswa yang tersebar di seluruh negeri.

 

%d bloggers like this: