Mahasiswa UNS Bagikan Tips dan Trik Digital Marketing

SOLO – Beberapa mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggagas sebuah workshop digital yang mengulas dunia marketing. Mereka yang tergabung dalam kelompok 138 Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Januari-Februari 2021 ini, menggelar sebuah webinar dengan tajuk Digital Marketing melalui E-Commerce.

Agus Wahyudi, salah 1 anggota KKN menyatakan bahwa workshop ini digelar untuk membantu pemerataan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi secara digital.

“Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat penjualan pun kini bisa dilakukan melalui online, salah satunya bisa dilakukan melalui e-commerce. Guna membantu dalam mengembangkan dan menggali potensi desa demi mewujudkan pemerataan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi secara digital, kami yang tergabung dalam kelompok 138 KKN mengadakan workshop digital marketing melalui e-commerce dengan menghadirkan pembicara yang berasal dari Tokopedia,” terang Agus, Jumat (26/2/2021) malam.

Kegiatan workshop ini mengundang Restu Agung Dwi Pambudi selaku Regiobak Growth Xpansion Tokopedia Semarang. Acara digelar pada hari Sabtu (20/2/2021) lalu melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini juga didukung oleh Kepala Desa Ngunut dan juga para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat.

Pada kesempatan ini, Restu membahas tips dan trik bagaimana meningkatkan performa online shop. Terdapat empat hal yang dapat dilakukan agar bisa meraih pembeli secara optimal. Empat hal tersebut adalah penjual dapat menggunakan nama produk yang tepat, memakai foto produk yang menarik, menulis deskripsi produk dengan detail, dan memberikan harga produk yang kompetitif.

Agus mewakili teman-temannya berharap, materi yang dibawakan Restu dapat memberikan ilmu dan wawasan kepada peserta khususnya UMKN di Desa Ngunut.

baca: Wujudkan Solo Bebas Pekat, Polresta Solo Tangkap 10 PSK

“Materi yang dibawakan oleh Restu diharapkan dapat memberikan ilmu, wawasan dan bisa langsung dilakukan mengenai penggunaan digital marketing melalui e-commerce, khususnya kepada UMKM yang berada di Desa Ngunut, Jumantono, Karanganyar dan juga masyarakat umum,” jelas Agus.

Selain program di atas, kelompok 138 KKN UNS dengan bimbingan Herwan Parwiyanto, M.Si, ini juga telah menghasilkan produk olahan puding, bolu markisa dan pakan ternak dari kulit markisa. Mereka juga melakukan sosialisasi pengemasan bolu dan puding yang diharapkan, melalui produk yang dibuat dan dikembangkan dapat dimaksimalkan penjualannya melalui digital marketing.

%d bloggers like this: