Solo Raya

Sarang Tawon Ukuran Kepala Manusia Berhasil Dijinakkan

KLATEN – Relawan Tim Sebelas berhasil menjinakkan sarang tawon das yang bertengger di sebuah pohon mangga milik warga Birit, Wedi, Klaten. Sarang tawon berbisa yang beberapa tahun terakhir telah merenggut puluhan korban jiwa itu berhasil dilumpuhkan sekitar pukul 20.00 WIB Kamis malam (4/3/2021) oleh para relawan.

Sarang tawon yang bahasa latin nya Vespa affinis itu menggelantung di pohon mangga milik Warto warga Birit, Wedi, Klaten. Merasa takut tersengat dan membahayakan warga, Warto berinisiatif melapor ke relawan agar sarang itu dimusnahkan apalagi dekat dengan rumah tinggal nya.

Dilansir dari laman klatenkab, Budi Santoso sekaligus Pengurus Relawan Sebelas bergerak cepat menuju lokasi di Birit, Wedi. Dibantu beberapa rekan, Budi berhasil melumpuhkan sarang tawon das itu.

“Kami langsung meluncur ke lokasi sesaat setelah menerima laporan warga. Ukuran lumayan besar sebesar kepala orang dewasa. Diameter hampir 30 cm,” kata Budi, Jumat malam (5/3/2021).

baca: SMP 10 Negeri Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Ia menambahkan kalau pemusnahan sarang tawon das itu dengan menutup lubang sarang dengan kapas yang sudah disemprot dengan pertalite. Setelah dipastikan tawon berhasil dilumpuhkan, ranting dan sarang tawon itu dipotong dan diturunkan sebelum selanjutnya dibakar.

”Masyarakat jangan segan melaporkan ke Damkar Klaten atau Tim Sebelas. Kami akan datang membantu. Dan kegiatan kami gratis alias tidak dipungut biaya. Hubungi saja nomor 0831-2816-9206,″ tutup Budi.

 

%d bloggers like this: