Kado Dies Natalis ke-45, UNS Tambah Enam Guru Besar Baru

SOLO – Dies Natalis ke-45 ini akan menjadi momentum yang spesial bagi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Karena selain memperingati hari lahirnya, dalam peringatan Dies Natalis ke-45 ini, UNS juga akan menambah enam guru besar baru. Pengukuhan keenam guru besar baru ini dilakukan secara luring dan daring pada Selasa (9/3/2021) besok.

Keenam guru besar yang akan dikukuhkan tersebut yaitu, pertama Prof. Dr. Bandi, MSi., Ak., CA, CT, CPA. merupakan guru besar Bidang Ilmu Akuntansi dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang juga sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS.

Kedua, Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si merupakan guru besar Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan dari Prodi Ekonomi Pembangunan FEB yang juga sebagai Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FEB UNS.

Ketiga, Prof. Dr. Joko Triyono, S.T., M.T. merupakan guru besar bidang Bidang Ilmu Teknik Mesin dari Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNS.

Keempat, Prof. Dr. Ir. Sudadi, M.P. merupakan guru besar Bidang Ilmu Teknologi Pupuk Hayati dari Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (FP) yang juga sebagai Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik FP UNS. Kelima, Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si merupakan guru besar bidang Genetika Tanaman dari Prodi Agroteknologi FP dan keenam Prof. Dr. Ir. Supriyadi, MS. merupakan guru besar bidang Ilmu Hama Tanaman dari Agroteknologi FP UNS.

Prof. Dr. Bandi, MSi., Ak., CA, CT, CPA. yang merupakan guru besar ke-17 FEB dan ke-230 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Kejujuran Dalam Pelaporan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Pengguna Pada Laporan Keuangan`.

Kemudian Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si yang merupakan guru besar ke-18 FEB dan ke-231 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Implementasi Financial Inclusion bagi Pekerja Migrant Indonesia, Best Practice Teori Permanen Income Life Cycle Hypothesis`.

Lalu Prof. Dr. Joko Triyono, S.T., M.T. yang merupakan guru besar ke-17 FT dan ke-232 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Pengembangan Material Implan Ortopedi Sebagai Produk Alat Kesehatan Kampus UNS: Prospek, Status Dan Tantangan`.

Prof. Dr. Ir. Sudadi, M.P. yang merupakan guru besar ke-32 FP dan ke-233 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Biofilm Biofertilizer Teknologi Pupuk Hayati Terkini Mendukung Pertanian Ramah Lingkungan`.

Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si yang merupakan guru besar ke-33 FP dan ke-234 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Peranan Genetika Dalam Pemuliaan Tanaman Bio-Energi`.

baca: Gibran Bersama Rombongan UEA Tinjau Bakal Lokasi Islamic Centre

Dan Prof. Dr. Ir. Supriyadi, MS yang merupakan guru besar ke-34 FP dan ke-235 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul `Konservasi Musuh Alami Dengan Tumbuhan Berbunga Untuk Mendukung Pengendalian Hayati Hama Tanaman Yang Berkelanjutan.

Dalam Jumpa Pers yang di gelar di UNS Inn, Senin (8/3/2021), keenam guru besar baru tersebut menyampaikan ringkasan pidato pengukuhan masing-masing. Semua berharap pelaksanaan pengukuhan guru besar dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga dengan bertambahnya guru besar baru ini, bisa menjadi kado untuk UNS diusianya yang ke-45 tahun. Dan semoga hadirnya guru besar baru ini bisa semakin memperkuat UNS yang sudah berstatus PTNBH sejak Oktober tahun lalu,” terang Prof. Bandi.

%d bloggers like this: