Tips Melatih dan Merawat Lovebird Agar Bermental Juara

KARANGNYAR – Memelihara burung lovebird menjadi petarung memang dibutuhkan keahlian khusus, selain harus mengatahui karakter dan bibit burung, pehobi lovebird harus rajin melakukan berbagai penangannya. Berikut ini tips dari Franky alias Gempil pemilik Glory Bird Farm kepada Solotrend saat di wawancarai di kediamannya Perum Griya Kita Klegen, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar.

Pilih bibit yang prospek dilihat dari karakternya

Pilih lovebird yang selalu ngriwik, terutama untuk lovebird yang masih anakan yang pada umumnya belum mempunyai kemampuan ngekek panjang, namun sudah terlihat dari sifatnya yang cerewet serta gemar ngeriwik.

“Tapi yang paling mudah, bisa memilih lovebird bermental fighter dengan melihat garis keturunan dari burung tersebut. Pasalnya, indukan dengan mental fighter hampir selalu menurunkan sifat petarungnya itu pada anak-anaknya kelak,” katanya.

Mandi pagi disemprot

Kalau paruh merah dia seneng panas kalau putih tidak maka harus diketahui karakternya.

Pola makan

Kasih pakan harus kenceng dari awal karena untuk menaikkan birahi selain itu harus diimbangi dengan makanan pendukung jagung atau kangkung

Makanan utama miled putih dan kenariset perbandingannya 3 banding 1 kg. Sedangkan untuk vitamin seminggu sekali.

Kebersihan kandang harus diperhatikan

Kotoran burung yang menumpuk dan jarang dibersihkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, harus rajin membersihkan sangkar burung yang kotor, agar tidak bau, berkarat, dan jamuran.

Franky alias Gempil pemilik Glory Bird Farm
Franky alias Gempil pemilik Glory Bird Farm

Cara melatih lovebird

Cara merawat lovebird balibu dapat diselingi dengan latihan untuk meningkatkan mentalnya. Dalam melatih mental Lovebird balibu ini bisa dilakukan dengan menempatkan sangkarnya di keramaian.

Cara melatih Lovebird Paud bisa juga dilakukan dengan masteran burung secara langsung. Yang dimaksud disini adalah Lovebird Paud didekatkan dengan burung yang sering berkicau ramai.

“Lovebird Paud bisa dibawa ke area lomba dua minggu sekali untuk menaikkan mental tarungnya. Dengan membawa Lovebird Paud pada gantangan, dia bisa menjadi lebih boasa dan beradaptasi dengan suasana lomba,” tambahnya.

Lovebird balibu ini sebaiknya  sering dipertemukan dengan Lovebird yang lain. Tujuannya supaya saat nanti bertemu pada koloni atau di lomba maka Lovebird akan bisa langsung membuka suaranya. Sebaliknya Lovebird fighter jangan sering dipertemukan dengan lovebird lain.

 

%d bloggers like this: