Gubernur Ganjar Ngiras di Soto Bang Jack

SUKOHARJO – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mampir ke sebuah warung soto yang beralamat di Dukuh Tangkil, Desa Manang Kecamatan Grogol, Minggu (14/3/2021). Ganjar bersepeda dari Tawangmangu ke warung soto yang diberi nama Soto Bang Jack.

Soto Bang Jack merupakan warung yang dikelola oleh mantan napiter yang bernama Joko Tri Triharmanto alias Jack Harun.

Kedatangan Gubernur Ganjar ke warung tersebut sebagai bentuk apresiasinya terhadap mantan napiter yang kini sudah bertobat dan berkiprah di masyarakat.

“Jack Harun tidak sulit diterima kembali oleh masyarakat karena ada niat dari yang bersangkutan,” ujarnya.

“Ini adalah cara reintegrasi sosial yang menarik. Selain berwirausaha bikin warung soto yang menurut saya enak ini, Mas Jack juga sering memberikan edukasi terhadap anak-anak muda tentang bahaya terorisme dan radikalisme,” tambahnya.

Jack Harun saat melayani Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang santai dengan pemilik Soto Bang Jack di Desa Manang.

Ia menambahkan, pemerintah akan memberikan dukungan lewat program-program bagi eks napiter supaya dapat diterima baik oleh masyarakat.

“Kalau mereka eks napiter bekerja sesuai passion-nya, itu enak karena pemerintah tinggal memberikan kebutuhannya apa saja. Tapi kalau mereka belum punya ketrampilan, maka kami perlu memberikan pelatihan dulu,” tandasnya.

baca: Resep Bakwan Jagung Renyah dan Gurih

Warung Soto Bang Jack juga melakukan kegiatan sosial, setiap hari Jumat di awal bulan selalu mengadakan Jumat Berkah yaitu makan soto gratis. Orang yang datang diperbolehkan makan soto ambil lauk serta minum gratis. Masyarakat sangat antusias terkait program sosial tersebut.

“Setiap Jumat Berkah menghabiskan 500 porsi soto, Alhamdulillah warga sekitar sangat antusias,” ungkap Jack Harun.

 

%d bloggers like this: