Dishub Kembali Selenggarakan Training of Trainer ‘Dalan Slamet’

SOLO – Dinas Perhubungan mengadakan kegiatan sosialisasi dan Training of Trainer (TOT) Dolanan Lalu Lintas Lan Sinau Keselamatan Lan Ketertiban (Dalan Slamet) kepada para Guru pendidik di SD Pangudi Luhur Santo Valentinus Jl. MT Haryono No.50, Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta, pada Selasa (23/3).

Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan Lalu Lintas, Agus Dwiyanto menjelaskan Kegiatan ToT ini merupakan lanjutan dari kegiatan Zona Selamat Sekolah (ZOSS) yang rutin disosialisasikan Dinas Perhubungan Surakarta kepada siswa TK sampai SMA. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin bagi Dinas Perhubungan Kota Surakarta.

Dalam sambutan pembuka, Koordinator TK dan SD Pangudi Luhur Santo Valentinus, Be. Ignatius Dalimin FIC, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para petugas dari Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang hadir untuk memberikan sosialisasi dan juga pelatihan kepada para Guru Pendidiknya.

“Para Guru diajak untuk kembali memaknai Rambu Lalu Lintas dan prioritas menjaga keselamatan di jalanan. Harapannya, para guru akan melakukan transer knowledge, menyampaikan kepada setiap anak didik yang ada di TK maupun di SD Pangudi Luhur Santo Valentinus,” ungkapnya.

Game Keselamatan Lalu Lintas (Dalan Slamet) adalah game yang dibuat dan dimodifikasi khusus untuk siswa sekolah dasar dengan terbagi beberapa level, level 1 untuk siswa SD kelas 1-3, dan level 2 untuk siswa SD kelas 4-6. ToT Dalan Slamet pada tahun 2021 ini dimulai Kembali dan SD Pangudi Luhur Santo Valentinus yang pertama kali mendapatkan sosialisasi dan training.

Tujuan awal dari ToT Dinas Perhubungan Surakarta ini agar siswa memanfaatkan gadget untuk kegiatan yang positif. Alasannya, perkembangan teknologi saat ini, gadget sudah menjadi “teman hidup” baru karena anak bisa melakukan apa saja bahkan bermain dengan gadget. Jika tidak terkelola dengan baik, hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan Fisik, motorik, verbal dan terutama kehidupan sosial anak.

ToT Dinas Perhubungan mengajarkan anak bagaimana cara berlalu lintas yang baik dan benar dengan cara yang berbeda dan bisa diterima anak dengan mudah. Dari menjodohkan kata dan gambar, puzzle dan yang paling menarik adalah explosion box. Explosion box adalah kotak yg di dalamnya akan dirangkai anak-anak dalam satu kelompok yang terdiri dari jalan raya, halte, bangunan serta kendaraan bermotor beserta rambu-rambu apa saja yang harus dipasang.

baca: DKK Karanganyar Ajak ASN Giatkan Sosialisasi Prokes

Yang tak kalah menariknya adalah game quiziz. Permainan ini berisi pertanyaan seputar lalu lintas. Cara bermainnya yaitu dengan siswa log in di smartphone dan menjawab semua pertanyaan yang tersedia. Dan ranking akan langsung keluar dari siapa yang paling cepat menjawab dengan benar.

Untuk mendapatkan ToT Dalan Slamet dari Dinas Perhubungan ini, guru bisa mengajukan surat permohonan ke Dinas Perhubungan Kota Surakarta. []

 

%d bloggers like this: