Pemkot Solo Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021

SEMARANG – Pemerintah Kota Solo meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021 Kategori Kota Terbaik II. Penghargaan diterima langsung oleh Walikota Gibran Rakabuming dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2023 dan RKPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (14/4). Penghargaan diberikan kepada tiga kota terbaik dan tiga kabupaten terbaik.

Tiga Kota yang mendapatkan penghargaan yakni Kota Semarang (Peringkat 1), Kota Solo (Peringkat 2), dan Kota Magelang (Peringkat 3). Untuk tiga Kabupaten terbaik antara lain Kabupaten Pati, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Pekalongan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam arahannya menyatakan pentingnya kota kabupaten untuk memiliki perencanaan yang matang di tengah pandemi covid-19. Ia menyebutkan pentingnya akselerasi proyek proyek strategis untuk mendorong pemulihan perekonomian.

“Kita harus perkuat sinergi antara Pusat, Provinsi, dan Kabupaten untuk pemulihan perekonomian. Lakukan terobosan baru yang inovatif untuk meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

baca: Wakil Walikota Solo Buka Program Padat Karya Tunai

Sementara itu Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni memberikan arahan terkait pelaksanaan Musrenbang harus fokus pada pemulihan ekonomi dan reformasi birokrasi. Ia menambahkan bahwa Pemerintah Daerah harus menjaga kesinambungan antara RKPD daerah dan RKPD Provinsi. []

%d bloggers like this: