Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka Positif Covid-19

SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkonfirmasi positif Covid-19. Melalui Whatspp yang dikirim ke wartawan, Gibran mengatakan jika dirinya tidak merasakan gejala terpapar Covid-19, Rabu (14/7).

Gibran menjelaskan, beberapa hari terakhir ini mengunjungi tempat-tempat isolasi dan tempat vaksinasi. Selama ini dia mengaku rutin melakukan swab antigen dan hasilnya negatif.

“Swab antigen menunjukkan hasil negatif. Saya tidak percaya hasil tersebut, lalu saya suruh teman-teman RS Bung Karno tes PCR, dan hasilnya positif,” ujar Gibran.

“Teman-teman tidak perlu takut, ini saya dalam keadaan sehat, tidak ada gejala apa pun. Anak istri memisahkan diri, dan sekali dalam keadaan sehat tidak ada gejala apa pun,” sambung Gibran.

Gibran menjelaskan, hasil tes PCR tersebut keluar pada Senin 12 Juli 2021. Setelah mengetahui hasilnya positif Covid-19, dia melaksanakan isolasi mandiri dan memisahkan diri dari istri dan anak-anaknya.

“Perlu saya garis bawahi, selama saya dalam masa isolasi, masih bekerja seperti biasa, pekerjaan-perkejaan nota dinas masih saya jalankan semua. Saya tetap bekerja normal memonitor pekerjaan dari jauh,” tuturnya.

Tracing orang terdekat, lanjut Gibran, yakni ajudan, sopir, Selvi Ananda (istri Gibran) dan dua anaknya terkonfirmasi negatif Covid-19.

“Alhamdulillah, istri, anak-anak, ajudan sopir tetap negatif. Ajudan tetap mutar keliling solo membagikan sembako. Saya masih kerja 24 jam untuk warga Solo, pelayanan publik tetap berjalan tidak boleh putus,” tuturnya.

“Sekali lagi bapak ibu, terutama warga Solo, mohon dukungan dan doa agar saya diberikan kesehatan dan mohon bapak ibu selalu mengikuti prokes dan bisa melewati ini semua,” ujar Gibran.

baca: Rektor UNS Terima Penghargaan Jasa Bakti Koperasi Tahun 2021

Gibran akan menjalani isolasi mandiri selama sepekan ke depan dan akan dilakukan tes PCR. “Saya akan tes PCR minggu depan, tergantung nanti Bu Ning  (Sri Wahyuningsih, Kepala Dinas Kesehatan Surakarta) saja kapan saya akan tes PCR lagi,” katanya.

Walikota Solo berpesan agar masyarakat Solo tetap menjaga dan disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

“Tetap jaga kondisi, barangnya (Covid-19) tidak kelihatan, kapan kita tidak tahu dan kena virus corona. Tetap jaga kesehatan selalu,” pungkasnya. []

%d bloggers like this: