Dampingi Wisatawan, Pemandu Wisata Paralayang Digembleng

KARANGANYAR – Tekad Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk terus mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Karanganyar tidak main-main. Keseriusan tersebut salah satunya dibuktikan dengan diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Paralayang Tahap 2 yang diikuti sejumlah 20 (dua puluh) orang yang nantinya akan menjadi pemandu wisata olah raga Paralayang di Kecamatan Ngargoyoso.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto pada kesempatan penutupan pelatihan yang bertempat di Kebun Teh Kemuning, Selasa sore (14/9) mengungkapkan bahwa tujuan dari dilakukannya pelatihan tersebut yakni untuk meningkatkan keterampilan pemandu wisata paralayang sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam di kawasan Ngargoyoso dengan menggunakan paralayang.

“Melalui paralayang diharapkan akan mampu membawa daya tarik dan tentunya lokasi itu akan menjadi sport tourism bagi wisatawan khususnya bagi yang gemar akan olah raga tersebut,” kata Titis.

Titis menambahkan 20 (dua puluh) orang yang lolos menjadi pemandu wisata paralayang tersebut sebelumnya telah diseleksi oleh panitia secara ketat dan profesional. “Mereka kita buat sebagai branding, jadi nantinya akan stand by di sana (Bukit Paralayang-red) untuk mendampingi wisatawan yang akan melakukan olahraga paralayang,” ucapnya.

baca: Satwa Endemik Merapi-Merbabu Dilepasliarkan

Dalam kesempatan tersebut Titis sekaligus mengklaim bahwa lokasi paralayang yang ada di Ngargoyoso merupakan salah satu destinasi wisata paralayang terbaik di Indonesia di mana semua akses dapat dijangkau dan mampu memberikan pelayanan khusus kepada wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi tersebut.

“Nanti secara bertahap akan dilaksanakan pembangunan infrastrukturnya. Beberapa atlit bahkan artispun sudah sering datang ke lokasi ini. Makanya kita harapkan 20 (dua puluh) orang pendamping wisata nantinya dapat membantu mengangkat potensi wisata di Karanganyar,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M.M. dalam sambutannya menyampaikan himbauan agar pelatihan tersebut terus dilakukan. Selain itu diharapkan agar para pemandu wisata paralayang yang saat ini sudah lolos seleksi mampu membantu mempromosikan atau memviralkan lokasi paralayang sebagai bagian destinasi wisata terbaik di Kabupaten Karanganyar.

“Karanganyar Life Center Of Nusantara itu salah satunya ya dari sini. Karanganyar nanti bisa dihadiri siapapun. Ini merupakan masa depan yang bagus dan menyenangkan. Kita bisa mengembangkan apapun di Karanganyar ini, terutama dalam olahraga dan wisata,” ucap Bupati. []

%d bloggers like this: