Ketika Peyandang Disabilitas Belajar Meracik Kopi

SOLO – C&L Coffee menjadi tempat diselenggarakannya Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Barista yang bekerjasama dengan Home Coffee Roastery dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta yang berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 28 – 30 September 2021.

Pelatihan diikuti oleh 20 peserta yang diharapkan siap memasuki dunia kerja khususnya di bidang Food & Beverage.

Kegiatan yang diadakan di coffee shop yang terletak di Jl. Dr Rajiman 525 ini merupakan salah satu bentuk program kerja Pemerintah Kota Surakarta untuk mengakselerasi masyarakat usia produktif agar dapat terserap di dunia kerja yang secara tidak langsung mengurangi angka pengangguran,” ungkap Public Relations Solia Zigna Kampung Batik, Yasodhara Cakasana, Sabtu (2/10/2021).

Hal yang berbeda pada pelatihan dan sertifikasi ini adalah peserta yang juga terdiri dari orang-orang disabilitas. Penjaringan peserta juga dilakukan ke beberapa Sekolah Luar Biasa dan komunitas disabilitas dengan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan supaya dapat mengikuti pelatihan dengan baik.

Belajar barista di Solia Zignaa

Yasodhara menambahkan, pelatihan diisi dengan pemaparan teori dasar dan dilanjutkan dengan praktik espresso based, manual brew, dan juga hospitality. Ketiga hal ini yang kemudian akan diuji pada hari terakhir untuk mendapatkan sertifikat pelatihan. Sertifikat pelatihan tersebut akan digunakan peserta sebagai dasar untuk mengikuti sertifikasi kompetensi.

baca: OJK Pusat Tinjau Vaksinasi untuk Negeri

Peserta tampak antusias mengikuti keseluruhan pelatihan, sebab tidak semua peserta memiliki pengetahuan dasar mengenai barista.

“Ke depan, diharapkan pelatihan serupa dapat dilaksanakan secara rutin supaya dapat penyerapan tenaga kerja dapat diwujudkan secara meluas,”pungkasnya. []

%d bloggers like this: