Pemkab Boyolali Kembali Gelar Hiburan Rakyat Campursari Secara Virtual

BOYOLALI – Setelah sukses dua kali menyelenggarakan pentas hiburan rakyat secara virtual, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali kembali menampilkan hiburan bagi warga masyarakat berupa pertunjukan Campursari secara virtual yang ditayangkan lewat kanal Youtube Diskominfo Boyolali.

Kegiatan bertempat di Balai Sidang Mahesa Boyolali (Dome) dan dibuka oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat dengan diawali pertunjukan dari Kecamatan Nogosari pada Sabtu (2/10/2021) malam, dari pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Rencananya, pertunjukan Campursari Virtual akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan hingga Senin (11/10/2021).

Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali, Supana menyampaikan dalam laporannya saat acara pembukaan Campursari Virtual, kegiatan Campursari Virtual ini bertujuan untuk membangkitkan kreativitas dan produktivitas seniman campursari, serta memberi ruang dan waktu ditengah pandemi Covid-19. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Boyolali terhadap pelaku seni.

Pertunjukan Campursari Virtual tersebut melibatkan pelaku seni dari 10 Kecamatan yakni Kecamatan Nogosari, Wonosegoro, Kemusu, Sambi dan Simo. Kemudian Kecamatan Karanggede, Klego, Andong, Ngemplak serta yang terakhir Wonosamodro. Sebelum diadakannya acara tersebut, pihak penyelenggara dan para seniman sudah menjalani vaksinasi Covid-19, serta dilakukan tes swab antigen sebelum dimulainya acara.

Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengatakan dalam sambutan saat membuka acara Campursari Virtual bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk perhatian Pemkab Boyolali.

“Beberapa waktu yang lalu kita sudah menyelenggarakan satu pementasan kesenian tradisional, wayang kulit, ketoprak seni peran yang dipentaskan beberapa waktu yang lalu, maka kesempatan malam hari ini diteruskan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dengan menyelenggarakan Campursari secara virtual.” terangnya.

baca: Bangkitkan Seniman Berkarya, Pentas Seni Tradisional Virtual Digelar

Tak lupa, Bupati Said mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan. Terakhir, disampaikan kepada masyarakat Boyolali untuk menikmati acara pentas Campursari Virtual. Dan pihaknya berpesan kepada para seniman untuk terus berkreasi.

“Untuk para seniman kami sampaikan terimakasih, berekspresilah, berkaryalah, untuk Kabupaten Boyolali dalam semangat kita Boyolali Metal.” pesannya. []

 

%d bloggers like this: