Dosen Fakutas Teknik UNTIDAR Terapkan PLTS untuk Sistem Pengairan Hidroponik

MAGELANG – LPPM-PMP (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Universitas Tidar adakan  Pengabdian Masyarakat. Program pengabdian masyarakat berlangsung di selama dua hari, (8-9/10) di dusun Sabrang, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Salah satu program pengabdian yang dijalankan yaitu program kemitraan masyarakat “Implementasi PLTS untuk Sistem Pengairan Pertanian Hidroponik”. Program ini dijalankan oleh tim dosen dan mahasiswa yaitu Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng., IPM. dan Agung Trihasto, S.T., M.Eng., IPM.  serta seorang  mahasiswa yaitu Laula Suryaningtyas.

Menurut Andiyatna, selaku ketua pelaksana, kegiatan Pengabdian masyarakat ini diikuti 7 peserta dari warga desa setempat dan 2 dosen 1 mahasiswa.

“Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu berupa kegiatan perakitan pertanian hidroponik pada hari pertama dan perakitan PLTS sebagai sumber energi listrik untuk menyalakan pompa air atau aerotor yang fungsinya untuk membuat sirkulasi air agar kandungan oksigen pada air terjaga serta penyebaran nutrisi yang merata pada setiap tanaman yang ditanam pada system hidroponik,” katanya.

baca: UNTIDAR Adakan Edukasi Teknologi Tepat Guna Pengolahan Sampah

Warga yang terlibat dalam kegiatan ini sangat antusias mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat dari Universitas TIDAR. Selain bisa bertani dengan sistem hidroponik, mereka juga dapat pengetahuan baru terkait energi listrik dari tenaga surya.

Pemerintah Desa yang diwakili oleh Misbah, mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas TIDAR sangat memberikan manfaat baik bagi masyarakat Gunungpring maupun pemerintah Desa Gunungpring.

“Semoga kedepannya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menambah manfaat tidak hanya pada bidang sosial tetapi juga untuk Bidang Pertanian, Peternakan, Ekonomi dan Kesehatan,” jelasnya. []

 

%d bloggers like this: