Menparekraf Sandiaga Uno Serahkan Piagam Penghargaan Desa Wisata Sumberbulu

KARANGANYAR – Bupati bersama Wakil Bupati Karanganyar serta jajaran Forkopimda Kabupaten Karanganyar menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dalam kunjungannya di Desa Wisata Sumberbulu Kec. Mojogedang Kabupaten Karanganyar, Sabtu (9/10/2021).

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Sumberbulu dalam rangka meninjau secara langsung Desa Wisata tersebut sekaligus melakukan penilaian bersama Tim Dewan Juri.

Kunjungan dan penilaian tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf terhadap Desa Wisata yang telah berhasil masuk ke dalam 50 besar Desa Wisata terbaik se-Indonesia untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Dalam kunjungannya, Menparekraf Sandiaga Uni datang dengan mengendarai delman dan disambut dengan iringan tari lesung. Dalam prosesi penyambutan tersebut Bupati Juliyatmono sempat berbalas pantun.

Desa Wisata Sumberbulu mulai dirintis pada tahun 2017 dengan berbagai potensi yang dimiliki seperti daya tarik wisata, kesenian dan kebudayaan diantaranya yang paling unik dan menarik adalah kriak (lukisan).

Kriak merupakan kreasi berbentuk mural dari bahan limbah yang dimuncul dari gagasan seorang mahasiswa yang kemudian mengajak anak-anak dan kaum millenial di Desa Wisata Sumberbulu untuk belajar membuat kreatifitas tersebut.

Hasil krearifitas ini sempat menarik perhatian dari Menparekraf yang kemudian memesan 1 (satu) buah mural dengan tema ikon 50 Desa Wisata Terbaik yang rencananya akan dijadikan backdrop pada kesempatan Konferensi Pers Pengumuman ADWI pada tanggal 7 Desember nanti di Jakarta.

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan Piagam Penghargaan sekaligus menandatangani prasasti yang menandai bahwa Desa Wisata Sumberbulu sebagai salah satu dari 50 Desa Wisata terbaik se-Indonesia.

baca: Tempat Wisata di Klaten Resmi Dibuka Kembali

Selain itu, Desa Wisata Sumber Bulu juga mendapatkan reward berupa bantuan akses internet selama 1 (satu) tahun serta Program Pendampingan CHSE berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan akan di bina langsung oleh Prof. Fatma Lestari dan para ahli dari mahasiswa S3 Universitas Indonesia agar Desa Wisata Sumberbulu segera mendapat CHSE.

Bupati Juliyatmono menyampaikan bahwa salah satu potensi daya tarik wisata di Desa Sumberbulu ini yaitu adanya sumber mata air yang berada di Sendang Bulu. “ Ini menjadi berkah bagi masyarakat Sumberbulu “.

Bupati juga berharap semakin banyak kreatifitas lain dalam upaya mengembangkan Desa Wisata ini dan berharap ke depan banyak agenda dan event wisata tingkat nasional yang dapat dipelopori dan diselenggarakan dari Desa Wisata Sumberbulu ini. []

 

%d bloggers like this: