Revitalisasi The New Kemukus Menjadi Pusat Wisata Religi Dan Keluarga

SRAGEN – Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati meninjau langsung perkembangan revitalisasi The New Kemukus yang capaian pembangunannya sudah lebih dari 95%.

Tinjauan yang dilakukan Jumat (26/11/2021) itu Bupati Yuni dan jajarannya untuk memastikan pembangunan The New Kemukus selesai tepat waktu dan dengan kualitas bangunan yang sesuai.

Usai menyaksikan langsung hasil proyek revitalisasi The New Kemukus, Bupati Yuni bersyukur dan berharap pembangunan segera bisa mencapai 100% selesai sesuai target yakni, pada 5 Desember mendatang.

“Alhamdulillah, Kemukus sudah hampir selesai, sekarang jadi keren. Tanggal 5 Desember nanti ditargetkan harus selesai,” ungkapnya.

Bupati Yuni menjelaskan dibangunnya The New Kemukus ini untuk merubah stigma negatif masyarakat tentang Gunung Kemukus. Bahkan objek wisata yang terletak di Desa Pendem, Sumberlawang itu juga dikemas menjadi wisata keluarga dan wisata religi.

“Prioritasnya Pemkab Sragen ingin merubah stigma negatif Gunung Kemukus. Tidak hanya merubah citra, namun juga akan merubah kehidupan masyarakat sekitar. Keberadaan Makam Pangeran Samudro bakal direvitalisasi karena menjadi daya tarik sebagai objek wisata religi,” terang Bupati.

“Seluruh elemen masyarakat di sekitar Gunung Kemukus ini akan dilibatkan. Sehingga tidak hanya adanya kemauan pemerintah tapi juga dengan masyarakat yang ada di sekitarnya. Dan satu persatu sektor pariwisata di Kabupaten Sragen segera bangkit lagi,” lanjutnya.

baca: The Blangkon Village Jadi Ikon Baru Wisata Desa di Klaten

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Sragen, I Yusep Wahyudi, mengatakan ada sejumlah tambahan sarana di The New Kemukus untuk menambah daya tarik pengunjung. Pihaknya optimistis The New Kemukus bisa operasional pada 2022 mendatang.

“Proyek ini dikerjakan selama dua tahun (multi years), mulai tahun kemarin 2020-2021. Yang dibangun banyak dalam revitalisasi, mulai dari pembuatan pendapa di depan makam Pangeran Samodro, pendapa kedua, museum, dan Sendang Ontrowulan, dan sekitarnya,” paparnya.

Selain itu untuk Fasilitas The New Kemukus semakin lengkap karena ada tambahan penataan pada sejumlah areal.

“Mulai dari areal tempat parkir yang luas, areal kuliner, area play ground, areal masjid, hingga areal gerbang masuk di Dukuh Barong. Semua sudah hampir selesai dan tinggal finishing. InsyaAllah tahun depan bisa operasional,” ujar Yusep. []

%d bloggers like this: