Ayam Panggang Mbah Dinem, Dimasak Tanpa Minyak dan Santan

KLATEN – Berkunjung ke Kota Klaten Bersinar tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner khas satu ini. Menu itu adalah ayam panggang Mbah Dinem yang terletak di Jalan Andalas Nomor 13 Klaten Tengah, tepatnya samping hutan kota Sungkur, Klaten.

Selain sajian ayam kampung, sentuhan masaknya juga dijamin higienis. Selain tidak menggunakan vitcin, saat dipanggang ayamnya juga tidak menggunakan minyak dan santan, jadi bebas kolesterol.

Karena dari ayam kampung, jangan kaget kalau tektur daging sedikit alot. Maka disarankan untuk menyantap ayam panggang pedas rempah dan manis ini lebih seru menggunakan tangan bersih. Sambal pedas, rebusan daun pepaya dan cocolan kuat rempah bisa jadi pelengkap.

Cara masaknya pun cukup unik. Ayam tidak langsung dipanggang dengan api atau arang panas. Tembayan ukuran dipanasi dengan api kompor. Ayam dipanggang di dalam tempayan dan dimatangkan dengan hawa panas plus diungkep. Jadi minyak dan lemak ayam yang dipanggang jatuh menetes. Ini yang menyebabkan ayam panggang Mbah Dinem higienis dan aman bagi penderita kolestorol maupun kelainan jantung.

“Rumah Makan Ayam Pangang Mbah Dinem Klaten sudah tiga tahun usaha. Klaten sendiri adalah pusatnya. Mbah Dinem sendiri sudah punya 24 rumah makan cabang tersebar di beberapa kota besar. Ownernya asli orang Wonogiri, tapi cucunya sekarang tinggal di Klaten sekaligus sebagai pusatnya” kata Heriyanto petugas marketing Rumah Makan Ayam Panggang Mbah Dinem, Kamis, (9/12).

Ditambahkan Rumah Makan Ayam Pangang Mbah Dinem Klaten sudah biasa jadi langganan pejabat dan tokoh penting. Tapi karena pandemi covid 19, omzetnya banyak menurun.

baca: Jenang Gempol Bu Kiryanti Bertahan di Tengah Gempuran Makanan Impor

“Dulu sebelum covid 19 di sini sangat ramai. Tokoh seperti Menteri Cahyo Kumolo, Gubernur Ganjar Pranowo sampai dalang kondang Ki Anom Suroto dan artis. Tapi karena pandemi covid 19, pengunjung banyak penurunan. Sekarang mulai pulih. Harga masih sangat terjangkau mulai 25 ribu, 28 ribu dan 95 ribu untuk ukuran utuh. Kami juga terima pesanan. Cukup hubungi nomor kami di nomor 0822-2564-3919,’’ katanya sambil promosi. []

 

%d bloggers like this: