Polres Klaten Periksa Kendaraan dan Lakukan Tes Swab Antigen Secara Acak

KLATEN – Polres Klaten memeriksa sejumlah pengendara roda empat berplat luar daerah di jalan Yogyakarta – Solo tepatnya di depan Pos Polisi Terpadu Prambanan, Senin (27/12).

Berdasarkan pantauan, polisi menghentikan kendaraan dan menjelaskan kepada para penumpangnya  terkait protokol kesehatan serta vaksin -19, kemudian petugas menempelkan stiker di kendaraan tersebut.

Petugas juga melakukan tes swab antigen secara acak kepada para penumpang.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP M Fadlan mengatakan kegiatan ini dalam rangka Operasi Lilin Candi 2021 dan masih fokus pada penertiban prokes.

“Operasi yang kami gelar ini sesuai petunjuk dari Mabes maupun Polda, selain pengamanan kamseltibcar lantas kita lakukan penertiban prokes. Kita lakukan tes swab antigen secara acak di lokasi dan bagi yang belum vaksin kita arahkan untuk vaksin. Hal ini kita lakukan untuk memantau kondisi kesehatan serta mengantisipasi penyebaran selama Nataru,”ujar Kasatlantas.

Kasatlantas menambahkan sebanyak 80 kendaraan telah diperiksa, terdiri dari 57 kendaraan pribadi dan 23 sepeda motor. Kemudian yang yang di swab antigen sebanyak 9 orang serta satu orang menjalani vaksin.

“Rata rata dari luar daerah yang ingin berwisata ke Candi Prambanan, ada yang dari Makasar, Jakarta dann daerah Jatim. Dari hasil tes swab semuanya negatif,”tambahnya.

baca: SMA Muhammadiyah Program Khusus Gelar Kajian Islami

Sementara itu salah satu pengendara Andi Winny Cyntia asal Makasar ketika dikonfirmasi mengaku sempat kaget ketika dirinya tiba-tiba diminta tes swab dipos polisi saat melintas di jalan Yogyakarta -Solo itu.

“Saya pikir ada apa ya Mbak, kok disuruh turun dari mobil dan diminta untuk tes swab, tapi saya malah senang karena ini demi kesehatan, meskipun saya sudah vaksin dosis dua. Saya berharap pelaksanaan tes swab seperti ini terus dilakukan hingga akhir tahun guna memastikan kesehatan para wisatawan seperti saya yang akan berwisata ke Candi Prambanan bersama keluarga,”ucapnya. []

%d bloggers like this: