Awali Pembelajaran SDIT Nur Hidayah Surakarta Gelar Piknik Literasi

Marilah kita mulai

Belajar di tahun ini

Dengan semangat edukasi

Literasi…

Numerasi…

SOLO – Lantunan lagu Mari Berliterasi dengan nada qasidah menggema di halaman SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Rabu (5/1/2022). Dinyanyikan bersama-sama oleh para siswa dan guru kelas 3 sekolah tersebut. Selanjutnya mereka terus menyemangati diri dengan senam literasi dan yel-yel literasi bersama.

Mengawali pembelajaran semester 2 tahun pelajaran 2021/2022, siswa-siswi kelas 3 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta mengikuti kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertajuk “Piknik Literasi” dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Koordinator kegiatan, Reni Agustin Priyatiningrum, S.Pd. mengatakan bahwa tema tersebut dipilih sesuai dengan tujuan kegiatan. Yaitu menanamkan kesan bagi para siswa bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan sebagaimana piknik yang identik dengan kegembiraan dan pengalaman seru.

“Kesan yang menyenangkan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran diri pada siswa untuk gemar membaca,” harapnya.

Sesuai dengan tema Piknik Literasi, terdapat beberapa wahana yang dibuka untuk siswa. Pertama, wahana rimba baca, yaitu stand baca dengan buku-buku yang dibawa para siswa dari rumah dan di display  di depan.

SDIT Nur Hidayah Piknik Literasi

Kedua, wahana pesisir cerita, siswa dapat menceritakan kembali buku yang telah dibaca serta kesan dan pelajaran yang didapatkan melalui presentasi di depan peserta. Ketiga, wahana villa menulis, siswa dapat menuliskan kembali buku yang dibaca melalui mind mapping atau bentuk tulisan lainnya.

Armina Bahira Bandono (9), salah satu murid kelas 3 mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan hari ini.

baca: Gelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Polres Sukoharjo Kerahkan Mobil Patroli untuk Antar-Jemput

“Senang sekali ikut piknik literasi hari ini. Karena bisa baca buku bareng teman-teman. Main-main dan masuk tenda,” ungkapnya.

Sementara itu, murid kelas 3 lainnya, Hammam Mazid Abdullah (9), mengungkapkan keseruannya kegiatan hari ini. []

“Piknik bacanya seru. Bisa menambah wawasan, bisa menghibur. Jadi semangat membaca,” ungkapnya. []

%d bloggers like this: