Solo Raya

Perbaikan Underpass Makamhaji Dimulai, Bupati Sukoharjo Pantau ke Lokasi

SUKOHARJO – Underpass Makamhaji, Kecamatan Kartasura yang mengalami kerusakan mulai diperbaiki. Selama perbaikan, akses menuju underpass ditutup total mulai 21 Februari hingga 7 Maret 2022. Dimulainya perbaikan Underpass Makamhaji tersebut mendapay perhatian Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, SE., MM. yang menyempatkan diri untuk meninjau lokasi.

Bupati mengatakan, perbaikan underpass tersebut sebagai respon atas keluhan masyarakat pengguna jalan selama ini. Pasalnya, underpass kembali rusak meski kali terakhir diperbaiki pada bulan Maret 2022 lalu.

“Saya harap perbaikannya bisa permanen sehingga underpass tidak mudah rusak, utamanya saat musim hujan,” ujar Bupati.

Menurutnya, perbaikan dilakukan di bagian grill yang selama ini tidak kuat menahan tonase kendaraan yang lewat sehingga mudah rusak. Grill menjadi perhatian dengan opsi dilakukan pengecoran 20 cm. Dengan penggantian grill menjadi cor tersebut diharapkan underpass semakin kuat dan tidak mudah rusak.

Setelah perbaikan ini selesai, lanjut Bupati, direncanakan akan dilakukan pengaturan lalulintas, utamanya kendaraan bertonase besar. Kendaraan bertonase besar direncanakan tidak boleh masuk underpass agar tidak mudah rusak. Terkait hal itu, Bupati mengaku Dinas Perhubungan akan berkoordinasi dengan Kota Solo dan daerah lain yang bersinggungan.

“Jadi ada pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan bertonase besar agar tidak melewati underpass,” ujarnya.

Setelah perbaikan ini, lanjut Bupati, Pemkab akan melihat kualitas perbaikannya terkait dengan pengalihan aset. Menurutnya, jika perbaikan sudah baik akan menjadi bahan pertimbangan Pemjab untuk menerima serah terima aset ke daerah. Kualitas perbaikan menjadi dasar bagi Pemkab Sukoharjo karena biaya perawatan underpass tersebut cukup mahal.

Bupati Etik juga mengatakan, untuk masalah air yang sering menggenang, menurut penjelasan dari Balai Perkeretaapian diperkirakan tidak akan terulang. Hal itu karena di underpass sudah ada enam pompa air sehingga diharapkan tidak ada genangan kembali saat musim hujan.

baca: Mantan Dangrup A Paspampres, Kolonel Inf Achiruddin Jabat Danrem 074/ Warastratama

“Nanti juga akan diberi tambahan lampu agar kalau malam hari lebih terang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo, Toni Sribuntoro, mengatakan bahwa akses ke Underpass Makamhaji ditutup total selama perbaikan dilakukan. Menurutnya, saat ini Dishub sudah memasang rambu-rambu penunjuk arah di sejumlah persimpangan menuju underpass. Penutupan underpass sendiri dilakukan mulai 21 Februari hingga 7 Maret 2022. []

 

%d bloggers like this: