Solo Raya

Kunjungi Sanggar Inklusi Permata Hati Polokarto, Bupati Sukoharjo Bercengkerama dengan ABK

SUKOHARJO – Sanggar Inklusi Permata Hati Kecamatan Polokarto mendapat kunjungan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Rabu (23/2/2022). Bupati didampingi Kepala Dinas Sosial, Suparmin, Kepala Satpol PP, Heru Indarjo, dan sejumlah pejabat OPD lainnya. Dalam kunjungan tersebut, Bupati terlihat bercengkerama dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) yang ada di sanggar.

“Harus sabar dalam menghadapi ABK. Karena sudah memiliki gedung sendiri, saya harap penanganan ABK di Kecamatan Polokarto bisa lebih maksimal,” ujar Bupati.

Bupati mengaku menyempatkan diri berkunjung ke Sanggar Inklusi Permata Hari karena saat diresmikan Ketua DPR RI, Puan Maharani beberapa waktu lalu dipusatkan di Bendosari dan belum sempat berkunjung. Bupati mengaku sudah meminta kecamatan untuk mencari lahan untuk dibangun sanggar inklusi. Hal itu dikarenakan belum semua sanggar memiliki gedung sendiri.

Menurut Bupati, dengan gedung sanggar sendiri pelayanan kesehatan, pendidikan maupun teknik pengasuhan pada ABK bisa lebih makdimal. Pasalnya, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam kehidupan masyarakat. Hanya saja, memiliki cara yang berbeda dalam melakukan suatu aktivitas yang tidak dapat mereka lakukan karena keterbatasannya.

baca: 460 Warga Binaan Rutan Kelas I Surakarta Ikuti Vaksinasi Dosis 3 Booster

“Para penyandang disabilitas khususnya ABK butuh dukungan agar bisa berkembang dan terlibat dalam kehidupan bermasyarakat serta memberikan hak yang sama sebagai warga negara,” kata Bupati.

Untuk itu, dengan adanya sanggar inklusi dan memiliki gedung sendiri diharapkan mampu membawa para penyandang disabilitas dan ABK di Kabupaten Sukoharjo memiliki kemampuaan, keterampilan dan kesetraan dengan anak-anak normal lainnya. []

 

%d bloggers like this: